Perbandingan Zoom vs Skype, Mana yang Lebih Bagus?

Loading...

Semakin hari dunia digital mengalami perkembangan yang sangat pesat. Setelah menjamurnya aplikasi chatting, kini hadir platform video conference untuk berkomunikasi secara visual. Beberapa yang paling populer adalah Zoom vs Skype.

Dengan dukungan fitur unggulan, keduanya menjadi pilihan banyak orang yang ingin mengadakan rapat, webinar, atau sekedar menjalin silaturahmi.

Zoom vs Skype

Loading...

Meskipun secara fungsional dua aplikasi ini terlihat sama, namun ada perbedaan yang cukup signifikan. Mungkin ini bisa jadi pertimbangan untuk memutuskan bagus mana Zoom vs Skype dari segi fitur hingga pemakaian bandwidth.

Zoom vs Skype

Dari segi usia, Skype memang jauh lebih tua dibanding Zoom. Tapi bukan berarti kualitasnya lebih bagus. Untuk itu, dalam menentukan mana yang terbaik, silahkan simak kelebihan dan kekurangan dua aplikasi video conference ini.

Kelebihan dan Kekurangan Zoom

Zoom adalah aplikasi yang dikembangkan tahun 2011, namun baru viral di awal 2019 sejak maraknya meeting online dan WFH. Zoom menghadirkan ragam fitur yang memungkinkan pengguna berinteraksi dengan banyak orang melalui video.

Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan Zoom dibanding Skype.

Kelebihan

  1. Bisa Menampung Banyak Orang

Kelebihan Zoom yang membuat aplikasi ini sangat digemari adalah kapasitasnya sangat besar dengan maksimal 1.000 pengguna dalam satu ruang diskusi. Sedangkan untuk forum siaran langsung, Zoom bisa diisi hingga 10.000 anggota.

  1. Video dan Audio Berkualitas

Kualitas audio dan video menjadi salah satu kelebihan Zoom yang mungkin bisa jadi pertimbangan dalam memutuskan lebih bagus Zoom atau Skype. Yaps, dengan sarana yang baik, tentu akan berpengaruh pada jalannya rapat atau diskusi online.

  1. Banyak Fitur Menarik

Berbeda dari Skype, Zoom dibekali ragam fitur menarik yang memudahkan pengguna untuk berdiskusi. Salah satunya fitur edit wajah dan background yang dapat dikreasikan sesuai selera. Selain itu, ada juga fitur untuk mengatur kualitas suara.

Zoom vs Skype

Kekurangan

  1. Boros Kuota Internet

Meskipun banyak kelebihan, sayangnya kekurangan Zoom membuat pengguna berpikir dua kali untuk menggunakannya. Berdasarkan ulasan di internet, Zoom lebih boros kuota. Bahkan, untuk satu jam, pemakaian bandwidth Zoom mencapai 1GB.

Loading...
  1. Sering Dimasuki Penyusup

Jika bicara soal keamanan, mungkin tak ada aplikasi yang benar-benar melindungi data pengguna. Begitu pun juga dengan Zoom. Salah satu kasus yang paling menarik adalah munculnya orang asing atau penyusup di Zoom Meeting.

Kelebihan dan Kekurangan Skype

Skype pertama kali dirilis tahun 2003 dengan fitur yang serba terbatas. Selang berapa lama, khususnya sejak dibeli Microsoft, Skype semakin berbenah dan menjali salah satu platform video conference terpopuler di dunia.

Sama seperti Zoom, ada beberapa kelebihan dan kekurangan Skype yang dapat jadi pertimbangan dalam memilih lebih bagus Zoom atau Skype.

Kelebihan

  1. Mudah dan Support Semua Perangkat

Microsoft memberikan kemudahan bagi pengguna yang ingin mengakses Skype. Tinggal daftar dan mulai saling sapa dengan rekan kerja atau keluarga. Selain itu, Skype juga bisa diaksesĀ  di semua perangkat berbasis Windows, Android, Linux, MacOS, dan iOS.

  1. Pemakaian Kuota Cukup Hemat

Kelebihan Skype selanjutnya ada di penggunaan data. Banyak kuota yang dibutuhkan untuk melakukan video conference selama 1 menit hanya 3,75MB. Jadi, untuk pemakaian 1 jam, kurang lebih Anda hanya butuh kuota +- 300MB.

  1. Tidak Butuh Kode Undangan

Kalau dilihat dari segi efisiensi, fitur Skype mungkin sangat menarik untuk masyarakat yang anti ribet. Pasalnya, Skype dapat digunakan dengan nomor hp seperti Whatsapp. Jadi, pengguna tidak butuh kode undangan kalau ingin masuk ke ruang diskusi.

Kekurangan

  1. Tidak Dibekali Enkripsi Data

Enkripsi data merupakan hal terpenting ketika menggunakan aplikasi. Sebab, ini berkaitan dengan keamanan. Sayangnya, Skype belum dibekali dengan teknologi ini, sehingga pengguna merasa was-was dan khawatir dengan privasi mereka.

| Baca Juga : Sistem Operasi Windows vs Linux, Lebih Bagus Mana?

  1. Minim Pengguna di Indonesia

Meskipun lebih dulu hadir, namun popularitas Skype mampu disalip Zoom. Di Indonesia sendiri pengguna Skype masih sangat jarang. Bahkan, saat ini orang-orang yang ingin meeting online, lebih memilih Zoom atau Google Meet.

Kesimpulan

Dari ulasan di atas dapat disimpulkan kalau Zoom dan Skype punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, dari berbagai faktor sepertinya Zoom jauh lebih baik. Terutama dari segi kapasitas ruang dan kemudahan akses.

Itulah beberapa hal yang bisa kamu ketahui tentang kelebihan dan kekurangan dua aplikasi video conference ini. Sudah memutuskan antara Zoom vs Skype mana yang lebih bagus?

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*