Duel Smartphone Xiaomi vs Realme, Mana Lebih Bagus? Terbaru 2020

Smartphone

esasaja.com – Bagus mana Xiaomi vs Realme sih? Kalau bicara soal pengalaman tentu saja Xiaomi lebih baik karena lebih dulu lahir dibanding Realme yang baru hadir sekitar tahun 2018 setelah sebelumnya menjadi sub-brand dari Oppo dengan nama Oppo Real.

Yaps, bagi yang belum tahu Realme dulunya satu induk dengan Oppo, namun karena satu dan lain hal Realme akhirnya berdiri sendiri di bawah pimpinan Sky Li yang merupakan mantan vice-president dari Oppo Global.

Saat ini masyarakat dihadapkan dengan banyak smartphone dengan kualitas bagus namun harganya masih terjangkau di kantong. Xiaomi dan Realme adalah dua produsen smartphone yang berkomitmen menghadirkan produk berkelas dengan harga murah. Persamaan dari kedua merk ini adalah sama-sama berasal dari Tiongkok.

bagus mana xiaomi vs realme

Lebih Laris Mana, Xiaomi atau Realme?

Menurut data yang dikumpulkan oleh Counterpoint pada tahun 2019, merk smartphone yang paling laris di Indonesia adalah Samsung. Sedangkan Xiaomi menempati urutan kedua, dan Realme yang terhitung masih baru di pasar smartphone Indonesia berada di urutan keenam bersama dengan Honor dan Nokia.

Rasanya kalau membandingkan kedua produk ini dari segi penjualan sangat tidak adil karena Xiaomi lebih dulu dikenal masyarakat dibanding Realme yang tahun 2020 ini saja umurnya belum genap dua tahun. Tapi kalau Anda bertanya lebih laris mana Xiaomi atau Realme? Jawabannya tentu saja Xiaomi.

Xiaomi vs Realme, Mana Lebih Bagus?

Kalau dari segi penjualan, Xiaomi memang lebih laris dari Realme, tapi belum tentu juga dari segi performa Xiaomi lebih bagus dari Realme. Karena tipe dan series kedua smartphone ini cukup banyak, kita akan membandingkan smartphone dari kelas entry level kedua merk ini. Xiaomi Redmi 6A vs Realme C1, mana yang lebih bagus?

Dari penampilan Realme C1 terlihat lebih modern dengan “poni” di bagian atas layar yang berfungsi sebagai sarang dari kamera depan dan lampu flash. Sedangkan Xiaomi masih memberikan tampilan kuno pada Redmi 6A.

Ngomong-ngomong soal kamera, Realme C1 lebih bagus dari Redmi 6A karena sudah dibekali dual-camera masing-masing 13MP dan 2MP. Sedangkan pada kamera depan, kedua ponsel ini sama-sama mengandalkan resolusi 5MP yang dirasa cukup untuk sekedar berswafoto.

Beralih ke sektor dapur pacu, Xiaomi Redmi 6A dan Realme C1 mengusung sistem operasi yang sama yakni Android 8.1 Oreo. Namun untuk chipset, Realme lebih memilih Qualcomm Snapdragon 450, sedangkan Xiaomi menempatkan chipset MediaTek MT6761 Helio A22 di Redmi 6A.

Xiaomi vs Realme mana yang lebih baik? Tergantung kebutuhan, apalagi saat ini Realme sedang gencar-gencarnya melakukan promosi produk mereka agar lebih dikenal di masyarakat. Untuk mencari tahu lebih lanjut mana yang lebih baik dari kedua brand tersebut, Anda juga bisa membandingkan Xiaomi Note 7 vs Realme 3 Pro dan Xiaomi Note 8 vs Realme 5.

Kesimpulan

Itulah gambaran perbandingan hp Realme dengan Xiaomi sebagai produsen yang menghadirkan produk smartphone murah namun berkualitas. Redmi 6A dan Realme C1 adalah produk smartphone yang memiliki harga sama dan tergabung dalam kelas yang sama. Tapi dari spesifikasi dan kualitasnya, Realme sedikit lebih unggul dari Xiaomi.

Dengan hadirnya Realme sebagai pesaing Xiaomi dan merk lain seperti Samsung, maupun Oppo, pasar smartphone Indonesia jadi semakin beragam dan tidak monoton mengingat beberapa tahun yang lalu Samsung menjadi penguasa tunggal pasar smartphone di Indonesia.

Tapi tentu saja kesimpulan yang valid tidak bisa didapat mengingat pada tipe atau kelas lain, kualitas dan performa Xiaomi ada yang lebih baik dari Realme. Menurut teman-teman mana yang lebih bagus, Xiaomi atau Realme?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *