Water Heater Ariston vs Rinnai, Lebih Bagus Mana?

Pemanas air atau water heater bisa jadi pilihan bagi Anda yang tinggal di daerah pegunungan dengan cuaca dingin. Selain lebih praktis, saat ini ada banyak merk water heater yang bagus, salah duanya Ariston dan Rinnai.

Tentunya, masing-masing memliki perbedaan yang bisa membuat orang dilema. Untuk itu, kali ini kami akan mengulas kelebihan dan kekurangan water heater Ariston vs Rinnai sebagai referensi jika hendak membeli.

Water Heater Ariston vs Rinnai

Water Heater Ariston vs Rinnai

Singkatnya, water heater adalah produk elektronik yang berfungsi sebagai pemanas air untuk mandi, memasak, atau kebutuhan lain. Ada tiga jenis water heater yang paling populer, yakni gas, listrik, dan solar (tenaga matahari).

Nah, untuk mengetahui lebih bagus water heater Ariston atau Rinnai, simak beberapa kelebihan dan kekurangan keduanya di bawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan Water Heater Ariston

Ariston adalah merek water heater yang diproduksi oleh perusahaan asal Italia. Kualitasnya bisa dibilang cukup bagus karena dibekali ragam fitur serta teknologi terbaru yang hemat daya dan ramah lingkungan.

Kelebihan

  1. Desain Kelas Eropa

Seperti yang kita tahu, Italia adalah “sarang” dari seniman. Sehingga tak heran produk-produk buatan Italia dirancang dengan sangat baik. Selain itu, water heater Ariston juga sudah tersebar di banyak negara, dan sangat populer khususnya di kawasan Eropa.

  1. Fitur Keamanan Extra

Semua jenis water heater Ariston dibekali dengan fitur keamanan yang baik guna mencegah nyala api ketika tidak ada aliran air.  Disamping itu, Ariston juga memiliki fitur yang bisa memanaskan air lebih cepat karena mengandalkan 2 pin.

  1. Gratis Biaya Pemasangan

Biasanya, toko resmi yang menjual produk water heater Ariston menawarkan gratis biaya pemasangan untuk tipe-tipe tertentu. Bahkan, berani menjamin kualitas produk dengan memberikan garansi maksimal 2 tahun.

Water Heater Ariston vs Rinnai

Kekurangan

  1. Tipe Gas Terlalu Ribet

Seperti penjelasan sebelumnya, water heater ada banyak jenis, nah yang tipe gas umumnya cukup ribet karena perlu perlakuan khusus. Sebab, ketika gas habis air jadi sulit dinyalakan sehingga butuh komponen tambahan untuk melihat tekanan gas.

  1. Harga Cukup Mahal

Kualitas yang ditawarkan Ariston memang sangat bagus, namun dari segi harga perbandingan water heater Ariston vs Rinnai cukup jelas. Sebagian besar tipe Ariston dibanderol dengan harga tinggi, bahkan paling murah sekitar Rp2,8 juta.

Kelebihan dan Kekurangan Water Heater Rinnai

Kita mungkin mengenal Rinnai sebagai merek kompor yang sangat populer di Indonesia. Tapi nyatanya, Rinnai juga memproduksi water heater dengan keunggulan pada pemakaian yang lebih hemat dibanding merek lain.

Kelebihan

  1. Hemat Daya

Bukan hanya untuk jenis listrik, water heater gas merek Rinnai juga dirancang dengan teknologi terkini yang mampu meminimalisir pemakaian daya. Sehingga sangat cocok untuk Anda yang ingin menghemat uang belanja bulanan.

  1. Harga Relatif Lebih Murah

Untuk perbandingan harga water heater Ariston vs Rinnai, bisa dibilang tidak terlalu jauh. Namun, merek Rinnai sangat mudah dijumpai di toko elektronik dengan harga yang relatif lebih murah.

  1. Kapasitas Air Panas Lebih Besar

Khusus tipe REH-15E, water heater Rinnai memiliki kapasitas air panas 15 liter yang cukup untuk kebutuhan mandi 4 sampai 5 orang. Namun, ini masih bisa ditingkatkan hingga 10 orang jika dicampur dengan air dingin.

Water Heater Ariston atau Rinnai

| Baca Juga : Perbandingan VGA vs HDMI, Mana yang Lebih Bagus?

Kekurangan

  1. Desain Kurang Menarik

Dibanding Ariston, Rinnai memiliki tampilan yang kaku dan kurang ada inovasi pada desainnya. Namun, ini bisa jadi pengecualian kalau Anda tidak terlalu mementingkan desain. Apalagi water heater Rinnai lebih hemat, kan?

  1. Ada Biaya Tambahan

Selanjutnya, kekurangan water heater Rinnai ada di biaya tambahan. Berdasarkan review konsumen Rinnai, banyak biaya yang harus dikeluarkan mulai dari proses instalasi hingga produk bisa digunakan.

Kesimpulan

Sekarang Anda tak perlu lagi menyalakan kompor untuk sekedar memanaskan air. Ada banyak pilihan water heater yang bisa dipasang di rumah. Selain simpel, penggunaan water heater juga sangat aman serta hemat listrik maupun gas.

Jadi, dari pilihan antara water heater Ariston vs Rinnai, mana yang menurut Anda paling bagus? Karena sebagian besar produk ini harganya di atas Rp2 juta, sebaiknya pahami kelebihan dan kekurangan masing-masing agar tidak menyesal, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*