Sistem Operasi Windows vs Linux, Lebih Bagus Mana?

Sistem operasi layaknya sebuah otak yang akan memberikan kemudahan pada pengguna dalam mengoperasikan laptop atau PC. Saat ini Windows dan Linux merupakan dua OS paling populer. Tapi, kalau  keduanya dibandingkan, mana yang lebih bagus?

Memilih satu di antara dua memang bukan perkara mudah, apalagi keduanya memiliki ragam fitur keren yang sudah terbukti kualitasnya.

Windows vs Linux

Untuk itu, kali ini kami akan membuat perbandingan serta kelebihan dan kekurangan Windows vs Linux agar kesimpulan mana yang terbaik bisa lebih valid.

Windows vs Linux, Lebih Bagus Mana?

Tidak perlu memahami dunia IT, orang awam pasti tahu komputer ditenagai oleh sistem operasi. Fungsinya kira-kira tak jauh berbeda seperti otak pada manusia. Untuk menyimpan data, memroses data, hingga perhintungan memori.

Nah, di antara sistem operasi yang ada saat ini, masing-masing menawarkan keistimewaan sendiri. Namun, kalau menilik lebih jauh, mana yang lebih bagus Windows vs Linux?

Kelebihan dan Kekurangan Windows

Windows adalah sistem operasi yang terpasang di hampir semua merek laptop atau komputer. Mulai hadir pada 1985 dengan versi 1.0, sekarang Windows telah mengalami banyak perubahan, terutama dari segi fitur dan software.

Di bawah ini ada beberapa kelebihan dan kekurangan Windows dibanding Linux yang bisa jadi acuan dalam memutuskan OS paling bagus.

Kelebihan

  1. Simpel, Mudah, dan Praktis

Kelebihan Windows dibanding Linux yang pertama adalah dari faktor penggunaan. Microsoft merancang sistem operasi buatannya dengan tampilan yang user friendly serta kemudahan mengakses program maupun aplikasi.

  1. Ketersediaan Software

Berbeda dari Linux, Windows memiliki ketersediaan aplikasi yang lengkap, terutama untuk memepermudah pekerjaan seperti MS Office. Selain itu, Anda juga bisa menginstal software lain yang dibutuhkan melalui laman Microsoft atau situs resmi di internet.

  1. Adanya Fitur Plug & Play

Lengkapnya fitur termasuk keistimewaan dari sistem operasi Windows yang harus diapresiasi. Salah satunya Plug & Play. Ini berfungsi sebagai pendeteksi utuk perangkat yang terhubung, seperti keyboard, mouse, hingga speaker.

Di samping itu, Windows juga sangat kompatibel dengan berbagai macam game terbaru saat ini. Sehingga tak heran, rata-rata gamer lebih memilij Windows ketimbang Linux ataupun MacOS.

Kekurangan

  1. Bukan OS Open Source

Sayangnya, meskipun memiliki banyak kelebihan, Windows tak luput dari kekurangan. Berbeda dari Linux yang open source, Windows dikembangkan secara closed source. Yang artinya, pengguna tidak punya akses untuk menggunakan dan mengembangkan kode.

Windows atau Linux

Jadi, dengan ini, untuk bisa menikmati fitur dan layanan Windows, pengguna harus membayar lisensi yang cukup mahal.

  1. Sistem dan Keamanan Tidak Stabil

Kekurangan Windows selanjutnya ada di sistem dan keamanan yang masih lemah dan kurang stabil. Sehingga tak jarang kita menemukan kendala ketika mengoperasikan laptop atau PC. Bahkan, Windows termasuk OS yang menjadi target empuk dari para peretas.

Kelebihan dan Kekurangan Linux

Linux adalah sistem operasi berbasis open source yang dapat digunakan secara bebas. Uniknya, pengguna juga diperkenankan membuat perubahan guna meningkatkan kinerja perangkat. Sehingga tak heran saat ini ada banyak jenis distro Linux, contohnya JingOS.

Inilah kelebihan dan kekurangan Linux dari Windows.

Kelebihan

  1. Sistem Operasi Berbasis Open Source

Pilih Linux atau Windows? Kalau dari segi biaya, mungkin Linux lebih baik. Pasalnya, pengguna dibebaskan memakai bahkan mengembangkan sumber kode tanpa perlu membeli lisensi. Sangat berbeda dengan Windows yang harus berlangganan.

  1. Keamanan Lebih Baik

Kelebihan dari sistem operasi Linux selanjutnya ada di keamanan. Ya, Linux memiliki beberapa otoritas yang harus dilalui bila ingin menjalankan program. Sehingga tak heran, para hacker atau orang yang bergelut di bidang cyber security lebih memilih Linux daripada Windows.

  1. Mudah Dikustomisasi

Keistimewaan dari sistem operasi Linux adalah source kode-nya yang dapat dikustomisasi tanpa batas, seperti menambah fitur dan memperkuat sistem. Hal ini yang membuat distro Linux banyak beredar dengan keunggulan dan fitur berbeda.

Kekurangan

  1. Cukup Ribet

Kekurangan Linux berikutnya adalah efisiensi dan efektifitas. Karena sebagian besar komputer dirancang khusus untuk Windows, sehingga jika ingin menginstal Linux, kita harus melakukan perubahan pada hardware terlebih dahulu.

  1. Minim Dukungan Aplikasi

Hadirnya Linux mungkin tak terlalu menarik perhatian orang awam. Pasalnya, OS yang satu ini tidak mendukung aplikasi seperti di Windows. Tapi, Anda masih bisa mengunduh aplikasi yang dibutuhkan melalui link dari member di forum Linux.

Windows vs Linux

| Baca Juga : Lebih Bagus MediaTek atau Snapdragon?

Kesimpulan

Pada dasarnya, kedua OS ini memiliki keunggulan tersendiri yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Namun, Linux sedikit lebih unggul kalau kita bicara soal biaya, keamanan, hingga variasi distro.

Setelah mengetahui perbandingan di atas, tiap orang pasti punya pendapat berbeda. Ada yang menganggap Windows lebih baik, begitu pun juga sebaliknya. Kalau menurut Anda di antara Windows vs Linux lebih bagus mana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*