Lebih Bagus Shopee atau Lazada? Ini Perbandingannya

Persaingan marketplace di Indonesia semakin menarik dengan hadirnya Shopee dan Lazada. Sebagai e-commerce asing, keduanya menghadirkan layanan yang baik dengan ragam pilihan produk. Namun kalau harus memilih, lebih bagus Shopee atau Lazada?

Meskipun bukan karya anak bangsa, tapi dua platform belanja online ini sangat populer. Terlebih, masing-masing punya kelebihan yang mampu menarik minat masyarakat, khususnya generasi milenial.

Nah, kalau penasaran bagus mana Shopee vs Lazada, sebagai referensi agar jawabannya bisa lebih valid, berikut kelebihan dan kekurangan dua e-commerce ini.

Shopee atau Lazada

Lebih Bagus Shopee atau Lazada?

Selain kelengkapan barang atau produk, ketika belanja online kita juga harus memperhatikan berbagai macam hal agar transaksi berjalan dengan aman dan lancar. Apalagi seller abal-abal masih banyak berkeliaran hampir di semua e-commerce.

Keamanan transaksi memang harus jadi prioritas utama, namun hal lain yang tak boleh diabaikan adalah pelayanan, pengiriman, dan tanggung jawab dari pihak Shopee atau Lazada ketika ada barang yang salah atau rusak.

Kelebihan dan Kekurangan Shopee

Shopee adalah e-commerce paling populer di Indonesia. Berdasarkan data tahun 2020 lalu, namanya berada di puncak mengungguli Tokopedia, Bukalapak, bahkan Lazada. Selain karena faktor promosi, Shopee memiliki direktori produk yang lengkap.

Berikut kelebihan dan kekurangan Shopee yang bisa jadi pertimbangan dalam menentukan lebih bagus Shopee atau Lazada.

Kelebihan

  1. Aplikasi Mudah Dipakai

Ketika pertama kali menggunakan aplikasi Shopee, Anda akan dimudahkan dalam mencari barang. Selain ada fitur pencarian, Shopee juga memiliki filter yang memisahkan barang berdasarkan kategori, seperti jenis produk dan rentan harga,

  1. Banyak Gratis Ongkir

Sudah bukan sesuatu yang wah sebenarnya, sebab Shopee rutin memberikan layanan gratis ongkir tanpa syarat yang ribet. Bahkan Anda bisa mendapatkan gratis ongkir tanpa minimal belanja, berbeda dari Lazada yang ada syarat tertentu.

  1. Ada Shopee PayLater

Selanjutnya, kelebihan Shopee dibanding Lazada ada di layanan terbaru, PayLater. Bagi konsumen yang belum gajian tapi tetap ingin belanja, Shopee menawarkan pinjaman PayLater dengan bunga rendah dan proses yang mudah.

Shopee vs Lazada

Kekurangan

  1. Fitur COD Bermasalah

Beberapa waktu lalu sedang ramai kasus kurir COD yang dimaki konsumen karena mengantarkan barang yang tidak sesuai pesanan. Sebenarnya ini bisa dihindari kalau Shopee memperbaiki sistem dengan menindak seller atau penjual nakal.

Nah, sudah menentukan bagus Shopee atau Lazada? Kalau belum, lanjut ke pembahasan tentang Lazada di berikut ini.

Kelebihan dan Kekurangan Lazada

Lazada adalah marketplace belanja yang dimiliki oleh Alibaba Group. Berpusat di Singapura, Lazada sudah beroperasi di hampir seluruh Asia Tenggara. Salah satu layanan unggulannya adalah LazMall yang menawarkan produk berkualitas dengan harga terjangkau.

Adapun kelebihan dan kekurangan Lazada bisa dilihat pada ulasan di bawah ini. Agar kesimpulannya bagus Shopee atau Lazada lebih valid, simak sampai tuntas, ya!

Kelebihan

  1. Sering Ada Diskon

Kalau bingung mau belanja di Shopee atau Lazada, hal pertama yang harus diperhatikan adalah diskon. Untungnya, Lazada sering mengadakan diskon untuk produk-produk tertentu. Bahkan, di hari khusus diskon yang diberikan bisa sampai 90%.

  1. Pengiriman Paket Cepat

Selanjutnya, kelebihan Lazada juga ada di layanan pengiriman. Sebagai konsumen tentu kita ingin paket cepat dikirim ke rumah. Untuk itu, Lazada tidak ingin konsumen kecewa dan selalu memberikan yang terbaik dari segi pengiriman.

  1. Layanan Free Ongkir

Ketika membeli barang secara online, sebagian konsumen pasti ingin dapat gratis ongkir agar tidak ada biaya tambahan. Untungnya, Lazada membebaskan biaya pengiriman untuk konsumen yang belanja dengan nominal Rp50 ribu – Rp100 ribu.

Shopee atau Lazada

| Baca Juga : Lebih Bagus Shopee atau Tokopedia?

Kekurangan

  1. Fitur COD Masih Terbatas

Lazada juga memiliki fitur COD atau Cash On Delivery. Namun sayangnya, jangkauan layanan ini masih terbatas, hanya tersedia di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Berbeda dengan Shopee COD yang sudah merata di Indonesia.

  1. Konfirmasi Transaksi Lambat

Berdasarkan ulasan pengguna di Google Play, banyak yang mengeluh kalau konfirmasi pembayaran di Lazada sangat lambat. Hal itu tentu membuat konsumen jadi khawatir dengan barang pesanan mereka. Apalagi prosesnya bisa sampai berhari-hari.

Kesimpulan

Sebagian besar masyarakat Indonesia memilih marketplace berdasarkan harga dan promo yang dihadirkan. Namun tak jarang, banyak juga yang memperhatikan layanan pengiriman. Untungnya, Shopee dan Lazada memiliki ekspedisi sendiri, SPX dan LEX.

Jadi dari penjelasan di atas, menurut Anda lebih bagus Shopee atau Lazada? Meskipun Shopee unggul dari segi popularitas, Lazada cukup bagus untuk mencari barang elektronik ataupun perlengkapan rumah. Sesuaikan saja dengan kebutuhan, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*