Perbedaan Website dan Blog, dari Pengertian hingga Jenis Konten

Loading...

Website dan blog adalah media yang umumnya digunakan untuk berbagi informasi. Tapi, tak sedikit orang menganggap keduanya sama. Padahal, ada banyak perbedaan website dan blog, mulai dari segi konten, gaya bahasa, hingga arah komunikasi.

Saat ini teknologi telah tumbuh sangat pesat, banyak anak muda tertarik memulai bisnis online atau membuka jasa di bidang digital. Sehingga mereka harus membuat sebuah situs sebagai strategi untuk menggaet calon konsumen.

Website dan Blog

Loading...

Sebelum masuk ke pembahasan beda website dan blog, ada baiknya kita memahami definisi atau pengertian dari dua platform ini.

Pengertian Website

Website adalah gabungan dari halaman yang memiliki domain. Umumnya, website dikelola oleh perusahaan, institusi, maupun pemerintah. Namun, tak jarang individu juga bisa memiliki website sebagai media untuk menawarkan jasa atau produk.

Dalam artian yang lebih sederhana, website merupakan istilah umum untuk penyebutan situs yang dapat diakses dengan internet.

Mungkin kita tidak sadar kalau aktivitas di dunia maya selalu berhubungan dengan website. Contohnya Ruangguru, Tribunnews, hingga situs Prakerja. Itu semua termasuk contoh website yang mungkin pernah kita akses.

Pengertian Blog

Blog adalah situs yang secara umum memiliki konten berupa panduan, tips, opini, hingga pengalaman hidup penulis. Berbeda dari website, mengelola sebuah blog (web log)  lebih mudah, bahkan untuk seorang pemula.

Beberapa contoh blog yang paling sederhana adalah Shitlicious, Benablog, dan Kevinanggara. Bahkan, artikel ini diposting dalam sebuah blog yang menggunakan CMS WordPress.

Website dan Blog

Perbedaan Website dan Blog

Bisa dibilang sangat sulit membedakan website dan blog. Karena keduanya merupakan sebutan untuk situs yang memiliki konten. Namun, kalau digali lebih dalam dan merujuk penjelasan ahli, perbedaan website dan blog cukup banyak.

  1. Jenis Konten

Secara umum, blog memiliki konten bertema bebas yang disesuaikan dengan pemilik blog. Namun, biasanya konten blog berisi tentang tutorial, opini, hingga diary harian. Disamping itu, kebanyakan blog menjadi media untuk mendapatkan penghasilan melalui Adsense.

Loading...

Sementara website, kontennya lebih condong ke produk atau jasa. Pemilik umumnya adalah seorang pebisnis yang membuat website sebagai sarana promosi. Selain itu, informasinya juga lebih lengkap, ada alamat bisnis, kontak, hingga profil perusahaan.

  1. Gaya Penulisan

Perbedaan website dan blog selanjutnya ada di gaya penulisan. Blog lebih bebas dan menyesuaikan keahlian pemilik dalam menulis artikel. Tapi, umumnya konten blog ditulis dengan bahasa santai guna menarik minat pengunjung dari kalangan tertentu.

Kalau website mungkin jauh lebih formal dan cenderung kaku, misalnya situs pemerintah atau lembaga pendidikan. Namun, saat ini tak sedikit website yang mulai mengubah gaya bahasa agar bisa masuk ke generasi milenial.

  1. Tujuan Konten

Awalnya, blog digunakan sebagai sarana untuk mengekspresikan diri melalui tulisan. Seperti penjelasan di awal, Shitlicious membuat blog khusus untuk kebutuhan pribadi. Namun kini, blog telah beralih fungsi sebagai media online.

Sedangkan website, sebagian besar kontennya bertujuan untuk menciptakan traffic agar pengunjung melihat penawaran dan tertarik untuk membeli produk.

  1. Kategori Konten

Selanjutnya, perbedaan website dan blog juga terlihat di kategori konten. Biasanya, blog memiliki kategori yang dibagi berdasarkan topik artikel. Kalau Anda pernah berkunjung ke blog Maxmanroe., di sana tertera Bisnis, Teknologi, dan Inspirasi.

Website vs Blog

| Baca Juga : Lebih Bagus PayPal atau Payoneer?

Kalau website, karena fokusnya ada di penjualan, kategori kontennya ada di produk dan layanan. Misalnya situs Domainesia, di sana Anda akan menemukan pembagian konten mulai dari Domain, Hosting, hingga VPS.

  1. Pengelola atau Pemilik

Kalau masih bingung beda website dan blog, mungkin poin ini bisa mencerahkan. Blog umumnya dikelola oleh perorangan yang biasa disebut “Blogger”. Berbeda dengan website yang kebanyakan memiliki staff bagian content writer, desain grafis, dan copywriter.

Kesimpulan

Jika ingin membuat situs untuk bisnis atau platform menulis, ada banyak platform yang bisa dicoba. Beberapa di antaranya Blogspot, WordPress, WIX, hingga Weebly. Kalau ingin terlihat profesional, Anda juga bisa membeli nama domain sendiri.

Demikian ulasan tentang pengertian serta perbedaan website dan blog. Masing-masing memang diciptakan untuk tujuan berbeda yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Semoga bermanfaat!

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*