Perbedaan Amazon vs eBay, Mana yang Lebih Bagus?

Perkembangan teknologi menghadirkan banyak e-commerce yang menyediakan wadah bagi pebisnis dalam memasarkan produknya. Beberapa perusahaan yang dianggap menonjol saat ini adalah Amazon vs eBay. Tapi, di antara keduanya mana yang lebih bagus?

Berbeda dengan Tokopedia atau Shopee, Amazon dan eBay memiliki pasar lebih luas. Semua orang dari semua negara dapat mengakses, menjual, maupun membeli berbagai macam barang dengan sistem yang mudah.

Amazon vs eBay

Nah, bagi Anda yang berencana menjual produk dengan target luar negeri, ketahui perbedaan Amazon vs eBay untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dari keduanya.

Perbedaan Amazon vs eBay

Amazon adalah marketplace atau toko online yang didirikan oleh Jeff Bezos, salah satu orang terkaya di dunia. Di awal kemunculannya Amazon hanya menjual buku. Kemudian, tahun 1999 mulai memasarkan produk lain seperti aksesoris hingga barang elektronik.

Sementara eBay, situs ini sebenarnya lebih cocok disebut sebagai marketplace jual beli atau lelang seperti OLX. Sebab, rata-rata yang dijual bukan barang baru. Tapi, biasanya produk-produk di eBay merupakan barang langka atau bekas public figure.

Selain poin di atas, masih banyak perbedaan Amazon dan eBay yang mesti diketahui. Simak ulasannya berikut ini.

  1. Jenis Bisnis

Seperti penjelasan sebelumnya, jenis bisnis adalah perbedaan Amazon dan eBay yang paling mencolok. eBay merupakan situs lelang dimana penjual dan pembeli akan difasilitasi oleh perusahaan dengan sistem yang telah ditentukan.

Pembeli bebas menawar produk yang diinginkan asalkan di atas harga penawaran dari penjual. Jika kedua belah pihak sudah sepakat, maka pembayaran dapat dilakukan via seperti PayPal.

Sedangkan Amazon termasuk marketplace dengan sistem harga pas atau tidak bisa ditawar. Namun, biasanya di hari-hari tertentu ada promo atau diskon.

Kenapa Amazon menjadi e-commerce terpopuler di dunia? Salah satu alasannya karena ketersediaan barang yang sangat lengkap. Selain produk langsung dari penjual, Amazon juga punya pergudangan sendiri.

Amazon vs eBay

  1. Fokus Perusahaan

Perbedaan Amazon vs eBay berikutnya ada di fokus perusahaan. Sebagai toko online, Amazon lebih mengutamakan pembeli. Tapi, bukan berarti penjual tidak diperhatikan, hanya saja Amazon sering melakukan promosi agar orang mau membeli produknya.

Sedangkan eBay, fokus utamanya ada di penjual. Bahkan, tak jarang perusahaan memfasilitasi penjual untuk mengikuti lelang dengan skala yang lebih luas.

  1. Biaya “Sewa” untuk Penjual

Amazon menawarkan dua paket kepada pengusaha yang ingin berjualan di situsnya, yakni Professional Account untuk seller dengan pasar besar dan Individual Account diperuntukkan bagi penjual kecil atau mungkin bisa disebut UMKM.

Berikut perbedaan keduanya:

  1. Amazon Porfessional Account
  2. Bisa menjual lebih dari 40 barang setiap bulan
  3. Biaya $39,99 per bulan atau $480 per tahun
  4. Bisa mengiklankan produk
  5. Berlaku biaya referral
  6. Amazon Individual Account
  7. Penjualan dibatasi 40 barang setiap bulan
  8. Berlaku biaya penjualan $0,99 untuk setiap barang yang laku
  9. Tidak bisa mengiklankan produk
  10. Berlaku biaya referral

Karena termasuk situs lelang, eBay menawarkan sistem lebih rumit. Tapi, pada dasarnya biaya untuk penjual hanya Insertion Fee dan Final Value Fee. Sementara paket opsional ada Supplemental Service Fees dan Advanced Listing Upgrade Fees.

Insertion Fee adalah biaya yang dikenakan jika produk lebih dari 50 setiap bulan. Di bawah itu tidak dikenakan biaya, namun fee akan berlaku saat produknya terjual. Sistem ini yang menjadikan Amazon dan eBay berbeda.

Final Value Fee adalah biaya yang akan ditagih bila barang sudah laku, besarannya sesuai kebijakan eBay. Biaya ini termasuk ongkos kirim dan biaya lainnya.

Sesuai namanya, Advanced Listing Upgrade Fees adalah biaya yang harus dibayar jika menjual ingin melakukan update pada produknya, seperti harga dan deskripsi. Yang terakhir Supplemental Service Fees, sistem ini akan berlaku jika pembeli melakukan refund dana.

  1. Harga Barang

Jika sebelumnya sudah membahas hal teknis, perbedaan Amazon vs eBay yang satu ini bisa jadi acuan bagi Anda yang berniat membeli produk dari dua situs tersebut. Berdasarkan ulasan pengguna harga jual di Amazon relatif mahal.

Berbeda dari eBay yang sebagian besar produk ditawarkan dengan harga murah. Tentunya ini disebabkan karena eBay lebih fokus menjual barang-barang bekas.

Amazon atau eBay

| Baca Juga : Lebih Bagus iOS atau Android?

  1. Kualitas Produk

Untuk kualitas produk, tentunya Amazon lebih unggul karena kebanyakan menjual barang baru. Selain itu jika ada kerusakan, pihak Amazon mau bertanggung jawab. Sedangkan kualitas produk eBay terkandung kondisi dan kelayakan barang.

  1. Keamanan Transaksi

Perbedaan Amazon dan eBay juga terletak di sistem keamanan. Berdasarkan ulasan pengguna, Amazon sangat minim penipuan karena penjual sudah melalui tahap seleksi. Sementara eBay terbilang cukup rawan, karena siapapun bisa bebas berjualan.

Kesimpulan

Bicara soal situs belanja online, di dalam negeri kita punya banyak e-commerce yang tak kalah hebat. Sebut saja Shopee, Lazada, Tokopedia, hingga Bukalapak. Tapi, kalau Anda ingin mengambil barang dari luar negeri, Amazon dan eBay bisa jadi pilihan utama.

Itulah ulasan yang bisa jadi acuan dalam menentukan mana yang lebih bagus antara Amazon vs eBay. Meskipun transaksi antar negara cukup ribet, tapi Anda bisa menggunakan PayPal atau Payoneer sebagai metode pembayaran terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*