Perbandingan WordPress vs Joomla, Mana yang Lebih Bagus?

Lebih bagus WordPress atau Joomla? Keduanya merupakan CMS yang sangat populer untuk membuat blog atau website. Jika ingin memilih yang terbaik, tentu harus membuat perbandingan dari berbagai aspek agar hasilnya bisa lebih valid.

Selain WordPress dan Joomla, ada juga Blogger yang bisa dimanfaatkan. Namun, secara fungsional kurang powerful dan fiturnya sangat terbatas. Terlebih, bagi pebisnis yang ingin menggunakan website sebagai sarana promosi.

Wordpress vs Joomla

Perbandingan WordPress vs Joomla

Nah, kalau Anda bingung mana CMS yang bagus untuk membangun website produk, blog pribadi, ataupun jasa digital, simak ulasan tentang perbandingan WordPress vs Joomla berikut ini.

  1. Pilihan Plugin

Saat ini penggunaan plugin sangat penting, terutama dalam hal mengelola tata letak dan optimasi SEO. Disamping itu, dengan memasang plugin yang tepat, website akan mudah bersaing dan mengalahkan kompetitor di search engine.

Sampai sekarang WordPress menyediakan lebih dari 45.000 jenis plugin. Sementara Joomla lebih sedikit, hanya sekitar 32.000 plugin dengan fungsi dan manfaat yang berbeda.

  1. Ragam Tema

Selanjutnya perbedaan WordPress vs Joomla ada di jumlah tema atau template. WordPress menghadirkan lebih dari 2.000 tema dengan ragam tampilan yang dapat dipilih sesuai selera dan kebutuhan.

Sedangkan Joomla hanya sekitar 1.000 tema. Untuk pengaturan pun Joomla sedikit lebih rumit dan harus punya pemahaman khusus agar tampilan website terlihat menarik. Namun, Anda bisa memilih tema basic yang mudah digunakan.

  1. Kemudahan Mengelola Website

Bingung memilih CMS WordPress atau Joomla? Mungkin poin ini bisa jadi gambaran mana yang lebih pantas dipilih. WordPress memiliki tampilan dan menu yang simpel dan ringan. Sehingga tidak perlu keahlian khusus untuk mengoperasikan website.

Sementara Joomla, interface-nya kurang familiar dan cenderung rumit bagi sebagian orang. Selain itu, Anda juga harus mempelajari beberapa fitur agar ketika dijalankan sesuai dengan fungsi yang sebenarnya.

  1. Kecepatan dan SEO Friendly

Dibanding WordPress, Joomla memiliki sistem yang lebih kompleks dalam hal optimasi. Apalagi pengguna harus mengatur secara manual agar kecepatan website terjaga. Oleh karena itu, CMS ini tidak disarankan untuk pemula.

Wordpress atau Joomla

Optimasi SEO di WordPress lebih mudah karena memiliki ragam plugin untuk menentukan keberhasilan website bersaing di mesin pencarian. Terlebih, kecepatan website dengan CMS WordPress ditentukan dari jenis hosting yang digunakan.

  1. Biaya

Lebih murah mana WordPress vs Joomla? Sebenarnya tidak ada perbedaan soal biaya. Sebab, keduanya merupakan platform berbasis open-source yang bisa digunakan gratis. Namun, Anda perlu mengeluarkan uang untuk menyewa hosting dan domain.

Sementara harga dan pilihan hosting ada banyak macamnya. Contoh, di Domainesia paket hosting termurah sekitar Rp200.000 per tahun sudah termasuk domain dan layanan pendukung.

Kelebihan dan Kekurangan WordPress

Nah, setelah mengulas perbandingan WordPress dan Joomla, berikut beberapa kelebihan WordPress yang harus diketahui.

  1. Proses instalasi mulai dari pemasangan hosting, domain, hingga tema sangat mudah. Bahkan, website sudah bisa digunakan dalam hitungan menit.
  2. Ragam tema dan plugin juga jadi kelebihan WordPress yang dapat dipertimbangkan dalam memilih CMS terbaik.
  3. Kalau ada masalah saat instalasi atau terjadi gangguan server, WordPress memiliki CS yang selalu siap kapan saja dibutuhkan.

Adapun kekurangan WordPress yang cukup menonjol adalah:

  1. Pemilik website yang menggunakan WordPress.org tidak diizinkan untuk mengedit CSS secara langsung. Selain itu, struktur navigasi hanya bisa diatur sesuai dengan tema yang diplih
  2. Meskipun ada banyak kelebihan, sayangnya pengguna WordPress gratisan tidak bisa mengatur halaman hosting untuk membuat PHP sendiri atau mengubah tatanan secara detail.

Kelebihan dan Kekurangan Joomla

Supaya adil dalam menentukan yang terbaik antara WordPress vs Joomla, simak juga kelebihan Joomla di bawah ini.

  1. Joomla memiliki fitur yang cukup beragam untuk memaksimalkan kinerja website bisnis maupun personal.
  2. Joomla juga menawarkan ragam tool yang dapat digunakan untuk membuat website multibahasa tanpa harus memasang plugin seperti di WordPress.
  3. Keunggulan Joomla selanjutnya terletak di sistem keamanan. Sebagai platform open-source, Joomla sangat sigap menyikapi masukan apabila ada aktivitas mencurigakan.

Wordpress dan Joomla

|| Baca Juga : Perbedaan Website dan Blog, dari Pengertian hingga Jenis Konten

Adapun kekurangan Joomla dari WordPress di antaranya:

  1. Sangat disayangkan karena proses instalasi Joomla cenderung lambat dibandingkan dengan CMS lain seperti WordPress.
  2. Template dan plugin yang terbatas juga menjadi kekurangan Joomla yang membuat CMS ini kalah populer dari WordPress.
  3. Joomla memang memilik forum khusus, namun sayangnya tidak ada dukungan langsung dari pihak Joomla apabila pengguna mengalami kendala ketika mengelola website.

Kesimpulan

Memilih CMS yang tepat sangat penting guna memudahkan pembuatan konten dan pengaturan website. Berdasarkan ulasan di atas, WordPress jauh lebih unggul terutama dari pilihan plugin untuk mendukung peringkat di halaman Google.

Demikian pembahasan tentang perbandingan WordPress vs Joomla yang bisa jadi referensi dalam memilih CMS untuk membangun website atau blog. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*