Perbandingan Vivo Z1 Pro vs Vivo S1, Mana yang Lebih Bagus?

Sejak hadir di pasar smartphone tanah air, Vivo terus mengeluarkan produk terbaru yang canggih. Namun terkadang, masyarakat dibuat bingung untuk memilih. Misalnya, Vivo Z1 Pro vs Vivo S1 yang sama-sama dibekali spesifikasi tinggi.

Selain memiliki performa berkelas, desainnya juga terlihat sangat mewah. Bahkan, Vivo Z1 Pro dan Vivo S1 dibanderol dengan harga yang tak jauh berbeda, yakni sekitar Rp3 jutaan.

Vivo Z1 Pro vs Vivo S1

Nah, kalau Anda ragu ketika ingin membeli, berikut perbandingan kedua tipe smartphone merk Vivo yang bisa jadi referensi dalam menentukan lebih bagus Vivo Z1 Pro atau Vivo S1.

Perbandingan Vivo Z1 Pro vs Vivo S1

Selain perbandingan, di akhir juga akan dijelaskan beberapa kelebihan dan kekurangan. Jadi, agar kesimpulannya bisa lebih valid, pastikan Anda menyimak ulasan berikut sampai tuntas, ya!

  1. Chipset dan OS

Vivo Z1 Pro dibekali chipset Qualcomm Snapdragon 712 yang didukung dua prosesor Kyro 360 Gold 2.3GHz dan Kyro 360 Silver 1.7GHz. Sementara Vivo S1 mengandalkan MediaTek Helio P65 Cortex A75 2.7GHz dan Cortex A55 1.7Ghz.

Untuk sistem operasi, keduanya sama-sama mengusung Android 9.0 Pie yang bisa di-upgrade ke versi terbaru. Dari segi performa, Vivo Z1 Pro sedikit lebih baik karena skor AnTuTu-nya unggul 40 ribuan dari Vivo S1.

  1. Kapasitas RAM dan Memori

Kalau ingin memiliki hp yang punya kemampuan menampung banyak aplikasi dan game tanpa mengganggu kinerja, kapasitas RAM dan memori wajib diperhitungkan. Untungnya, Vivo Z1 Pro dan Vivo S1 dibekali RAM 4GB yang cukup worth to buy untuk hp seharga 3 jutaan.

Perbedaannya ada pada ruang penyimpanan, dimana Z1 Pro hadir dengan memori internal 64GB, sedangkan lawannya 128GB. Jelas, dari sini Vivo S1 lebih unggul karena mampu menyimpan banyak file, foto, maupun video.

  1. Desain dan Layar

Jika dilihat sekilas, Vivo Z1 Pro dan Vivo S1 sama-sama dibekali desain yang kekinian dengan bodi tipis. Dua smartphone ini dirancang dengan konsep fullview bezel-less dan hanya menyisahkan ruang untuk kamera depan.

Vivo Z1 Pro vs Vivo S1

Hanya saja, perbedaan Vivo Z1 Pro vs Vivo S1 ada pada bodi dan layar. Dimana tipe Z1 Pro menawarkan layar 6.38 inci dengan dimensi 162.4 x 77.3 x 8.9 mm. Sementara Vivo S1 memiliki bodi 159.5 x 75.2 x 8.1 mm dan layar 6.53 inci.

Selain itu, panel pada layar juga sangat berbeda. Vivo Z1 Pro datang dengan IPS LCD, sedangkan Vivo S1 terlihat lebih nyaman dimainkan karena mengandalkan layar Super AMOLED.

  1. Kamera

Beralih ke bagian fotografi, keduanya memiliki banyak persamaan. Pada kamera belakang Vivo Z1 Pro dan Vivo S1 terpasang triple camera dengan resolusi 16MP, 8MP, 2MP. Sementara kamera depannya 32MP yang sangat bagus untuk selfie atau video call.

Sudah memutuskan lebih bagus Vivo Z1 Pro atau Vivo S1? Kalau belum, mungkin Anda bisa mempertimbangkan Vivo S1 karena sudah terpasang fitur PDAF, dimana lawannya hanya mengandalkan auto focus saja.

  1. Kapasitas Baterai

Pada sektor daya, Vivo membekali produknya dengan spesifikasi berbeda. Vivo S1 didukung baterai 4.500mAh dan Z1 Pro 5.000mAh plus fitur charging 18W. Namun, Meskipun lebih luas, baterai Vivo S1 dilaim lebih kemat dari Vivo Z1 Pro.

Penyebabnya karena Vivo Z1 Pro sudah mengusung layar Super AMOLED yang terbukti ampuh untuk menghemat penggunaan baterai, bahkan saat digunkan bermain game online atau streaming film.

  1. Harga

Seperti penjelasan di awal, perbandingan harga Vivo Z1 Pro vs Vivo S1 tidak terlalu jauh. Keduanya dibanderol Rp3 jutaan untuk RAM 4GB.  Namun, Vivo Z1 Pro lebih murah R400 ribuan dengan pilihan RAM dan memori internal yang sama.

Di beberapa e-commerce atau toko online, Vivo Z1 Pro dijual seharga Rp3.099.000. Sedangkan Vivo S1 sekitar Rp3,1 juta.

Vivo Z1 Pro vs Vivo S1

|| Baca Juga : Perbandingan Realme 5i vs Redmi Note 8, Mana yang Lebih Bagus?

Keunggulan Vivo Z1 Pro

  1. Chipset dan prosesor-nya sedikit lebih kencang
  2. Kapasitas baterai lebih besar
  3. Mengandalkan
  4. Ada fitur PDAF yang memudahkan saat memfoto gambar

Keunggulan Vivo S1

  1. Panel layar Super AMOLED yang jernih dan menghemat daya
  2. Fitur fingerprint tersemat di layar
  3. Kamera jernih dan anti noise
  4. Performa cukup baik untuk game

Kesimpulan

Berdasarkan ulasan di atas, Vivo S1 unggul pada sektor layar yang sudah mengusung Super AMOLED 6.38 inci. Sementara Vivo Z1 Pro memiliki daya tahan baterai cukup baik dan performa chipset Snapdragon 712 yang lebih powerful dibanding Helio P65.

Itulah beberapa perbandingan dari dua tipe hp merk Vivo ini. Intinya, masing-masing punya ciri khas tersendiri yang bisa jadi acuan dalam memilih. Jadi, menurut Anda lebih bagus mana Vivo Z1 Pro vs Vivo S1?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*