Perbandingan VGA vs HDMI, Mana yang Lebih Bagus?

VGA dan HDMI adalah jenis kabel yang digunakan untuk menghubungkan monitor ke CPU. Tentu, keduanya memiliki banyak perbedaan. Tapi, kalau ditanya lebih bagus VGA vs HDMI, masing-masing orang pasti punya pendapat berbeda.

Sebenarnya VGA sendiri adalah produk lama yang sudah dihentikan produksinya, lalu diganti dengan kabel baru seperti DisplayPort, DVI, dan HDMI. Namun, di Indonesia penggunaan VGA masih sering ditemui di PC model lama.

Nah, dari persaingan VGA vs HDMI, ada beberapa perbedaan serta kelebihan dan kekurangan yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan mana yang lebih bagus.

Bagus Mana VGA vs HDMI?

Bicara soal mana yang lebih bagus VGA atau HDMI, semua sepakat memilih HDMI. Kenapa? Karena selain mampu mengirim data dengan frame rate dan resolusi ringgi, HDMI juga bisa mentransfer audio lebih baik.

VGA vs HDMI

Di sisi lain, VGA memang bisa memberikan tampilan visual pada monitor, namun resolusinya jauh lebih rendah dan tidak sejernih ketika menggunakan HDMI.

Berikut beberapa perbedaan VGA dan HDMI yang harus diketahui.

  1. Jumlah Konektor Pin

Dari tampilan fisik, perbedaan keduanya jelas terlihat. Sebagian besar VGA memiliki konektor 15 Pins dan hanya bisa disambungkan dengan memutar sekrup di bagian kiri dan kanan. Kalau HDMI rata-rata menggunakan 19 Pin kecil tanpa sekrup.

  1. Kecanggihan Teknologi

Selanjutnya, beda VGA dan HDMI ada pada teknologi. VGA merupakan jenis kabel jadul yang mulai hadir pada 1987. Sedangkan HDMI bisa dibilang menjadi standar baru untuk menghasilkan tampilan visual yang lebih baik pada PC atau komputer.

Meskipun saat ini port VGA masih banyak digunakan, namun dalam beberapa tahun ke depan semua akan terganti dengan port HDMI yang lebih modern dan berkualitas.

  1. Jenis Sinyal

Perbedaan pertama ada di jenis sinyal, hal ini yang membuat keduanya berbeda dalam mengirim data. HDMI dengan sinyal digital, sementara VGA sinyal analog. Sehingga, untuk mengubah kabel VGA ke HDMI harus melalui adaptor eksternal.

  1. Dukungan Resolusi

Beda VGA vs HDMI juga ada di grafis pada monitor. Meskipun pada dasarnya mendukung resolusi hingga 2048 × 1536 pixel, namun VGA sangat tidak stabil dan butuh perlakuan khusus. Misalnya panjang kabel harus sesuai dan tidak boleh ada gangguan magnet.

Hal ini sangat berbeda dengan HDMI yang mendukung berbagai resolusi. Selain itu, kualitasnya juga tidak akan terpengaruh oleh panjang kabel maupun sinyal. Terlebih, HDMI bisa mengantarkan audio dengan sangat baik.

VGA vs HDMI

| Baca Juga : Lebih Bagus Shopee atau Lazada?

  1. Refresh Rate

Dalam hal refresh rate, VGA mendukung hingga 85Hz, sementara HDMI 240Hz untuk resolusi 1080 pixel. Jadi, untuk bermain game, menggunakan HDMI bisa jadi pilihan yang tepat. Selain karena visual yang bagus, transisi antar frame juga lebih lancar.

Disamping itu, dengan resolusi, audio, dan paduan warna yang baik, HDMI juga sangat disarankan kalau Anda suka menonton film di PC.

Kesimpulan

Dari ulasan di atas dapat disimpulkan kalau tampilan visual jika menggunakan HDMI lebih baik dibanding VGA. Namun, jika PC Anda hanya punya satu port dan belum ada rencana beli yang baru, maka tak ada pilihan lagi selain memilih VGA.

Demikian ulasan singkat perbandingan VGA vs HDMI yang bisa jadi bahan referensi sebelum membeli kabel untuk menghubungkan CPU dan monitor. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*