Perbandingan Spotify vs JOOX, Mana yang Lebih Bagus?

Loading...

Aplikasi streaming musik jadi pilihan banyak orang untuk mendengarkan lagu maupun audio. Namun, aplikasi tersebut menawarkan keunggulan berbeda, seperti halnya Spotify vs JOOX. Sehingga, terkadang kita sulit memilih mana yang lebih bagus.

Untuk kategori platform streaming, keduanya harus bersaing dengan aplikasi serupa, sebut saja Apple Music, Resso, hingga Youtube Music. Dimana masing-masing memiliki peminat tersendiri, baik dari kalangan milenial ataupun generasi lainnya.

Spotify vs JOOX

Loading...

Nah, kalau Anda bingung mana yang pantas dinobatkan sebagai aplikasi streaming musik terbaik, simak perbandingan Spotify vs JOOX berikut beserta keunggulan dan kekurangannya.

Perbandingan Spotify vs JOOX

Sebenarnya kita bisa menggunakan dua aplikasi ini dalam satu device. Tapi tentunya ada harga yang harus dibayar, yakni beban pada ruang penyimpanan. Belum lagi kalau ingin berlangganan premium, satu bulan harus mengeluarkan biaya double.

Sebagai bahan referensi, di bawah ini ada beberapa perbandingan yang mungkin bisa jadi pertimbangan untuk memilih bagus mana Spotify atau JOOX.

  1. Kualitas Audio

Ketika memilih paltform streaming musik, kualitas audio harus jadi prioritas dibanding fitur lainnya. Spotify menawarkan variasi berbeda, yakni 96Kbps di laptop atau PC, 160Kbps di aplikasi gratis, dan 320Kbps khusus untuk pengguna premium.

Sementara JOOX sedikit berbeda, kualitas audio bisa diatur sesuai keinginan, mulai dari low, medium, dan high. Semakin tinggi kualitasnya, akan berpengaruh pada pemakaian kuota. Untuk pengguna VIP, pengguna dapat menikmati musik dengan kecepatan 320Kbps.

  1. Koleksi Lagu dan Podcast

Perbedaan Spotify vs JOOX berikutnya ada di katalog musik. Di sini terlihat kalau Spotify memiliki koleksi yang lebih banyak, ada 70+ juta lagu yang terus bertambah hingga 20 ribu setiap harinya.  Sedangkan JOOX hanya 30+ juta lagu.

Spotify atau JOOX

Disamping itu, Spotify dan JOOX juga sama-sama dibekali ragam fitur yang mengatur lagu berdasarkan genre dan mood. Secara keseluruhan keduanya bagus, tinggal disesuaikan saja mana yang paling mendekati sempurna.

Loading...
  1. Tampilan Aplikasi (UI)

Beralih ke tampilan aplikasi, Spotify dan JOOX memilih jalur yang berbeda. Dengan tampilan ringan dan simpel, Spotify mungkin lebih ramah di mata. Kalau JOOX terlihat terlalu berwarna dan atraktif, tapi nilai plusnya pengguna bisa mengganti tema sesuai selera.

Hanya saja, semakin berat aplikasi smartphone akan berpengaruh pada aksesibilitas dan kenyamanan pengguna. Sehingga, dari segi tampilan Spotify jelas lebih unggul.

  1. Pemakaian Kuota

Selanjutnya, bagi yang bertanya lebih hemat Spotify atau JOOX, admin akan mencoba mengulasnya berdasarkan data. Karena tampilan Spotify sangat simpel, penggunaan kuota jauh lebih sedikit, untuk high quality hanya 10MB per lagu atau podcast.

Sementara JOOX dengan interface aplikasi yang lebih “ramai”, satu lagu yang diputar dengan kualitas terbaik memakan kuota sekitar 8MB – 12MB. Tapi, ini masih tergolong hemat karena saat ini harga paket data sudah jauh lebih murah.

  1. Biaya Berlangganan Premium

Sebenarnya perbandingan Spotify vs JOOX di sistem langganan tidak berbeda jauh. Keduanya sama-sama menawarkan free trial selama 1 bulan untuk akun baru. Kemudian, di bulan berikutnya pengguna bisa memilih opsi mingguan, bulanan, atau tahunan.

Namun, biaya langganan JOOX lebih murah yakni Rp49.000, sedangkan Spotify Rp50.000 untuk 1 bulan akses premium atau VIP. Hanya saja, Spotify memiliki paket pelajar, duo, dan keluarga dengan harga murah, bahkan terkadang ada promo khusus.

Spotify dan JOOX

|| Baca Juga : Perbedaan Website dan Blog?

Keunggulan Spotify

  1. Koleksi lagu lebih lengkap
  2. Pemakaian kuota Spotify sedikit lebih hemat
  3. Tampilan aplikasi simpel dan ringan
  4. Lebih universal dan tersedia di banyak negara
  5. Sinkronisasi perangkat lebih mudah
  6. Fitur MOOD yang bisa menentukan suasana hati

Keunggulan JOOX

  1. Interface lumayan “mewah”, ada opsi ganti tema
  2. Ada fitur lirik lagu
  3. Ada promo share untuk mendapatkan layanan VIP
  4. Bisa mengatur kapan musik harus berhenti
  5. Langganan VIP mudah, bisa menggunakan pulsa

Kesimpulan

Seperti yang kita tahu, Spotify didirikan oleh Daniel Ek dan bermarkas di Swedia. Sementara JOOX dibuat oleh Tencent, perusahaan teknologi terbesar asal Tiongkok yang banyak melahirkan aplikasi dan game populer, seperti PUBG dan CODM.

Berdasarkan pengalaman pribadi dan ulasan di atas, saat ini Spotify berada jauh di atas JOOX. Terutama dari kualitas audio dan tampilan aplikasi yang sangat simpel. Nah, kalau menurut Anda lebih bagus mana Spotify vs JOOX?

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*