Perbedaan Mentega dan Margarin yang Wajib Diketahui

Selama ini kita menganggap mentega dan margarin itu sama. Padahal, keduanya sangat berbeda mulai dari bentuk, tekstur, warna, hingga kandungan gizi. Untuk itu, agar tidak keliru lagi, kami akan mengulas perbedaan mentega dan margarin.

Selain dari segi tampilan, ternyata beda mentega dan margarin juga ada di bahan pembuatan. Umumnya, mentega merupakan olahan susu, sementara sebagian besar margarin dibuat dari minyak kelapa sawit.

Mentega dan Margarin

Perbedaan Mentega dan Margarin

Nah, sebagai referensi untuk memilih mentega atau margarin, silahkan simak ulasan tentang perbedaan keduanya di bawah ini.

  1. Warna

Yang pertama, cara paling mudah membedakan mentega dan margarin bisa dilihat dari warna. Umumnya, mentega memiliki warna putih mengarah ke pucat. Sedangkan margarin lebih ke kuning pekat seperti warna Blueband.

  1. Bahan Pembuatan

Seperti penjelasan di awal, perbedaan mentega dan margarin juga terletak di bahan pembuatan. Sebagian besar mentega yang beredar di pasaran terbuat dari susu sapi. Namun, ada juga jenis mentega yang bahan utamanya dari susu kambing atau kerbau.

Kalau margarin, biasanya dibuat dari nabati atau minyak kelapa sawit dengan campuran lain seperti garam, air, dan emulsifier. Hal ini yang membuat margarin lebih cocok sebagai olesan roti.

  1. Tekstur

Selanjutnya dari segi tekstur mentega dan margarin juga berbeda. Seperti produk bungkusan merk Palmia atau Blueband, tekstur margarin sedikit lembek. Sehingga margarin sering digunakan sebagai bahan untuk kue kering.

Mentega vs Margarin

Kalau mentega, teksturnya sedikit keras namun tetap lembut, dan lebih cocok untuk membuat roti maupun donat. Tapi secara umum keduanya punya fungsi serupa, tidak masalah kalau ingin mengganti mentega ke margarin atau sebaliknya.

  1. Aroma

Dari aroma, perbedaan mentega dan margarin juga jelas tercium. Kalau dihirup, margarin tidak terlau menyengat. Sementara mentega, ketika bungkusnya baru dibuka langsung mengeluarkan aroma harum yang cukup menyengat khas kue kering.

  1. Kandungan Gizi

Karena bahan pembuatannya dari susu, kandungan pada mentega sedikit lebih tinggi terutama pada kolestrol dan lemah jenuh. Namun, ada jenis mentega sehat yang diproses dengan baik sehingga kadungan lemaknya sangat rendah.

Karena merupakan olahan dari minyak kelapa sawit, margarin memiliki kandungan kolestrol dan lemak lebih rendah. Tapi, margarin tidak disarankan dikonsumsi terlalu sering karena persentase lemak tak jenuh tunggal dan ganda cukup banyak.

  1. Harga

Bicara soal harga, perbedaan mentega dan margarin tak terlalu jauh. Karena bahan pembuatannya dari susu sapi, mentega dihargai sedikit lebih mahal dibanding margarin. Tapi harga relatif, kan? Kualitas kue terkadang ditentukan dari bahan yang digunakan.

Beberapa merk mentega yang paling populer di pasaran adalah Orchid Butter, Anchor, Elle & Vire, dan Butter Wisman. Sementara merk margarin yang sering terlihat di warung kelontong adalah Simas, Blueband, Palmia, dan Filma.

Mentega atau Margarin

|| Baca Juga : Keju vs Cokelat, Mana yang Paling Populer?

Nah, sudah paham kan beda mentega dan margarin? Sekarang tak perlu bingung lagi kalau mau oles roti pakai mentega atau margarin. Sebenarnya margarin sudah paling mentok, tapi saat ini ada jenis mentega premium yang khusus untuk olesan roti.

Kesimpulan

Bukan hanya sebagai bahan pembuatan kue, tak jarang mentega dan margarin digunakan untuk campuran nasi goreng hingga olesan roti tawar. Tapi, tentu penggunaannya harus disesuaikan agar rasanya lebih nikmat.

Jadi, itulah beberapa perbedaan mentega dan margarin yang selama ini sering disalahartikan oleh banyak orang. Semoga dengan ulasan ini Anda bisa menentukan mana yang paling bagus untuk membuat kue atau makanan lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*