Lebih Bagus Shopee atau Tokopedia? Ini Perbandingannya

Loading...

Perkembangan dunia digital menghadirkan banyak e-commerce dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sayangnya, ini membuat masyarakat bingung lebih bagus Shopee atau Tokopedia dari segi harga maupun fitur aplikasinya.

Ya, di samping Bukalapak, Shopee dan Tokopedia merupakan marketplace yang sangat populer di Indonesia. Keduanya punya banyak pengguna dari berbagai kalangan. Dengan alasan ini, tentu akan sulit untuk menentukan mana yang terbaik.

Tapi, kali ini kami akan mencoba mengulas secara lengkap perbandingan, kelebihan, dan kekurangan keduanya agar Anda bisa memutuskan sendiri lebih bagus Shopee atau Tokopedia.

Lebih Bagus Shopee atau Tokopedia?

Dalam memilih Shopee atau Tokopedia, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Kalau Anda seorang seller, maka prioritasnya adalah kemudahan dan potongan wajar. Sedangkan pembeli, prioritas utama tentu harga serta ongkos kirim yang murah.

Shopee atau Tokopedia

Loading...

Memperdebatkan mana yang terbaik antara marketplace memang tak ada habisnya. Selain karena pembenahan terus dilakukan, selera masing-masing orang juga pasti berbeda.

Perbandingan Shopee dan Tokopedia

Dalam menentukan lebih bagus Shopee atau Tokopedia, Anda bisa menyimak perbandingannya berikut ini dari sudut pandang pembeli. Kalau untuk penjual mungkin tak terlalu dibutuhkan karena Anda bisa berjualan di banyak marketplace sekaligus.

  1. Barang yang Dijual

Shopee dan Tokopedia memiliki pangsa pasar yang berbeda, terutama dari jenis produk. Berdasarkan riset, Tokopedia lebih unggul dalam hal penjualan barang elektronik, alat kesehatan, kecantikan, hingga kebutuhan dekorasi ruangan.

Sementara karakteristik produk Shopee lebih ke pernak-pernik lucu, outfit, gaya terbaru, hingga barang yang tengah hype di pasaran.

  1. Harga dan Ongkos Kirim

Perbandingan Shopee dan Tokopedia berikutnya dari segi harga dan ongkos kirim. Ternyata, menurut ulasan pengguna, Shopee sering menawarkan gratis ongkir dibanding Tokopedia. Selain itu, harga produk-produknya juga lebih terjangkau.

kelebihan shopee

Meskipun begitu, ternyata fitur gratis ongkir Shopee menyulitkan penjual, serta berimbas pada pendapatan kurir. Hal ini sedang ramai diberitakan media mainstream dan sempat jadi trending topic di Twitter.

  1. Fitur Aplikasi

Kalau urusan fitur aplikasi, mungkin Shopee juaranya. Sebab, sebagai pengguna kita bisa menikmati aneka games. Sebut saja Shopee Tanam dan Goyang Shopee. Di samping itu, Shopee juga punya fitur Shopee Paylater, dimana pengguna bisa mendapatkan pinjaman uang.

Sayangnya, dua hal yang tidak tersedia di Tokopedia. Sehingga tak heran ketika generasi milenial ditanya mana aplikasi belanja online terbaik Shopee atau Tokopedia, rata-rata mereka memilih Shopee.

Loading...
  1. Asal Usul Perusahaan

Shopee adalah e-commerce yang dirilis pada 2015 oleh perusahaan asal Singapura. Aplikasinya tersedia untuk sistem operasi iOS dan Android. Salah satu daya tarik Shopee adalah iklan yang sering menampilkan publik figure ternama seperti CR7 hingga bintang K-Pop.

Tokopedia adalah marketplace karya anak bangsa yang identik dengan warna hijau. Diperkenalkan ke publik pada 2015, startup berlabel Unicorn ini memutuskan untuk merger dengan layanan transportasi online, Gojek, terhitung tahun 2021.

| Baca Juga : Lebih Bagus Kredivo atau Akulaku?

Kelebihan dan Kekurangan Shopee

Bisa dibilang kelebihan Shopee dibanding Tokopedia sangat banyak. Salah satu yang disukai pengguna adalah ragam produk menarik. Selain itu, ada juga fitur Shopee Paylater dan games untuk mendapatkan poin atau saldo.

  1. Produk Lebih Menarik
  2. Banyak Gratis Ongkir
  3. Tersedia Games Menarik di Aplikasi
  4. Ada Shopee Paylater

Meskipun ada banyak kelebihannya, bukan berarti Shopee luput dari kekurangan. Ya, e-commerce yang identik dengan warna oren ini sering dikeluhkan pengguna karena aplikasi sering error, banyaknya persyaratan ongkir, hingga penjual tidak jujur.

  1. Program Gratis Ongkir Banyak Syarat
  2. Aplikasi Sering Error
  3. Sering Dijumpai Penjual Tidak Jujur

Kelebihan dan Kekurangan Tokopedia

Setelah membaca kelebihan si oren, selanjutnya Anda bisa menyimak kelebihan si ijo untuk mengetahui lebih bagus Shopee atau Tokopedia. Salah satu yang paling menarik adalah promosi serta aplikasi dengan antarmuka paling nyaman di antara e-commerce lain.

kelebihan tokopedia

  1. UI/UX Paling Nyaman
  2. Produk Lebih Beragam
  3. Banyak Promo Menarik
  4. Profesional dan Terpercaya

Kekurangan Tokopedia yang paling menonjol ada di aplikasi sering mengalami perbaikan sehingga menyulitkan pengguna yang ingin membeli barang impian. Selain itu, banyaknya produk spam juga jadi PR yang harus segera diselesaikan oleh pihak Tokped.

  1. Banyak Penjual yang Tidak Aktif
  2. Aplikasi Sering Maintenance
  3. Banyak Produk Spam

Jadi, intinya semua marketplace punya kelebihan dan kekurangan. Untuk menentukan mana yang paling bagus antara Tokopedia atau Shopee, kembali ke selera masing-masing.

Kesimpulan

Sebenarnya bagi konsumen hal yang paling penting adalah harga. Kalau ada marketplace menawarkan harga lebih murah, pasti itu yang dipilih. Tapi, tak sedikit pula yang melihat dari segi kelengkapan barang serta ongkos kirim.

Setelah membaca poin-poin di atas, menurut Anda bagus mana Shopee atau Tokopedia? Menurut admin sendiri, Shopee cocok untuk berburu barang yang lagi trend. Sedangkan Tokopedia lebih ke gadget, produk kecantikan, hingga perlengkapan rumah tangga.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*