Lebih Bagus PayPal atau Payoneer? Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Sebagai seorang freelancer, rekening elektronik sangat dibutuhkan untuk memudahkan transaksi. PayPal dan Payoneer adalah layanan yang sangat populer saat ini. Keduanya memberikan kemudahan dalam hal membayar atau menerima pembayaran.

Seiring berkembangnya dunia digital, untuk melakukan transaksi antar negara, keberadaan Western Union perlahan mulai ditinggalkan dan beralih ke layanan yang lebih simpel.

PayPal atau Payoneer

Namun, sebenarnya mana yang lebih bagus PayPal atau Payoneer? Nah, untuk menjawab pertanyaan ini, berikut ulasan tentang perbedaan serta kelebihan dan kekurangan dari keduanya.

Bagus PayPal atau Payoneer?

Kalau Anda bingung ketika hendak membuat rekening elektronik, mungkin perlu menyimak kelebihan dan kekurangan dari dua layanan ini agar dapat memutuskan sendiri mana yang lebih baik, PayPal atau Payoneer.

Kelebihan dan Kekurangan PayPal

PayPal adalah layanan rekening online yang paling diminati saat ini. Secara keseluruhan, fungsinya tak jauh berbeda dari bank konvensional, hanya saja PayPal dapat digunakan untuk membayar maupun menerima pembayaran antar negara.

Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan PayPal yang bisa jadi pertimbangan dalam memutuskan bagus mana PayPal atau Payoneer.

Kelebihan

  1. Pencairan Dana Mudah

Berbeda ketika awal-awal kemunculannya, saat ini PayPal memerikan kemudahan dalam hal pencairan dana. Bahkan, pengguna bisa withdraw ke dompet digital seperti DANA ataupun bank lokal dengan fee yang tidak terlalu besar.

  1. Promo dan Diskon Pembayaran via PayPal

Kalau tujuan Anda membuat rekening elektronik untuk belanja online, maka PayPal bisa jadi pilihan. Pasalnya, banyak merchant memberikan promo atau diskon jika konsumen melakukan pembayaran menggunakan PayPal.

  1. Keamanan Terjamin

Salah satu kelebihan PayPal adalah menjamin keamanan dana dan data pengguna dengan menerapkan sistem verifikasi VCC. Meskipun sebagian orang menganggapnya sangat ribet, namun ini bertujuan agar akun tidak mudah dibobol atau diretas.

PayPal atau Payoneer

Kekurangan

  1. Harus Punya VCC atau Kartu Kredit

Sayangnya, untuk membuat akun PayPal kita harus memiliki kartu kredit atau VCC sebagai syarat verifikasi. Ini menjadi salah satu kekurangan PayPal yang banyak dikeluhkan. Berbeda dari Payoneer yang hanya butuh data diri dan nomor rekening bank lokal.

  1. Fee Penarikan Besar

Kalau dari segi fee, PayPal memotong dana lebih besar ketimbang Payoneer. Bahkan nominalnya sekitar $15 untuk penarikan uang di atas $100 ke bank lokal. Mungkin ini bisa jadi pertimbangan bagi Anda ingin memilih PayPal atau Payoneer.

Kelebihan dan Kekurangan Payoneer

Tak jauh berbeda seperti PayPal, Payoneer dikembangkan sebagai layanan digital yang memudahkan untuk bertransaksi dengan orang dari berbagai negara. Namun, Payoneer sedikit lebih komplit karena menghadirkan kartu debit berupa Mastercard.

Untuk mengetahui mana yang lebih bagus PayPal atau Payoneer, berikut kelebihan dan kekurangan Payoneer yang harus Anda ketahui.

Kelebihan

  1. Potongan Lebih Rendah

Keunggulan Payoneer yang pertama adalah potongan atau fee yang lebih rendang dibanding PayPal. Bagi Anda yang menjual jasa di Fiverr atau situs freelance lainnya, penting memilih rekening elektronik dengan potongan kecil.

Hal ini dibuktikan oleh pengguna Quora yang membagikan pengalaman menggunakan Payoneer. Untuk penarikan $400, fee PayPal sekitar $19, sementara Payoneer hanya $3 untuk penarikan $500.

  1. Tidak Perlu VCC Saat Mendaftar

Berbeda dari PayPal, Payoneer tidak mengharuskan pengguna kita memiliki VCC. Jauh lebih simpel dan mudah. Jadi, ketika ingin mendaftar, cukup lampirkan data diri serta nomor rekening dari bank lokal yang Anda gunakan.

  1. Tarik Uang Langsung via ATM

Terakhir, kelebihan Payoneer dibanding PayPal adalah dari segi efisiensi. Kalau ingin menarik uang, Anda bisa langsung mengunjungi ATM yang mendukung transaksi Mastercard. Jadi, tidak perlu melakukan pencairan dengan proses yang ribet.

PayPal atau Payoneer

| Baca Juga : Perbedaan Amazon vs eBay, Mana yang Lebih Bagus?

Kekurangan

  1. Pendaftaran Perlu Banyak Dokumen

Ketika membandingkan PayPal vs Payoneer, tak sedikit pengguna mengeluhkan proses pendaftaran yang membutuhkan banyak dokumen. Meskipun tidak perlu VCC, namun ini jadi masalah bagi orang yang tidak punya banyak waktu.

  1. Ada Biaya Administrasi Bulanan

Kekurangan Payoneer yang satu ini mungkin sangat wajar layaknya sistem bank konvensional. Ada administrasi dengan biaya bulanan Payoneer $3 untuk transaksi di bawah 4 unit. Selain itu, jika terjadi kerusakan kartu, Anda dikenakan biaya tambahan sekitar $13.

Kesimpulan

Nah, dari pembahasan di atas sudah dapat kesimpulan lebih bagus PayPal atau Payoneer? Menurut admin, PayPal sifatnya lebih universal karena jadi metode pembayaran utama transaksi antar negara. Sedangkan Payoneer lebih unggul dari segi potongan fee.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*