Lebih Bagus MediaTek atau Snapdragon? Ini Perbandingannya

Snapdragon dan MediaTek merupakan dua chipset terbaik dengan performa memukau. Masing-masing menawarkan keunggulan dari berbagai sisi. Tapi, masih banyak masyarakat yang penasaran, lebih bagus mana MediaTek atau Snapdragon?

Yaps, keduanya jadi andalan produsen ponsel pintar, sebut saja Xiaomi, Samsung, Honor, hingga Realme. Bahkan, hampir semua smartphone low-end hingga flagship dibekali chipset MediaTek maupun Qualcomm Snapdragon.

MediaTek atau Snapdragon

Namun, bukan berarti keduanya bisa memenuhi kebutuhan pengguna. Sebab, untuk menentukan lebih bagus mana prosesor Snapdragon atau MediaTek, harus dilakukan perbandingan dari berbagai sisi.

Lebih Bagus MediaTek atau Snapdragon?

Saat ini ada banyak merk chipset terbaik yang jadi andalan produsen gadget dalam mengembangkan produknya. MediaTek dan Snapdragon mungkin lebih unggul dari segi popularitas dibanding merk lainnya.

Nah, kalau masih bingung mana yang paling bagus, sebagai bahan pertimbangan mungkin perbandingan MediaTek dan Snapdragon berikut bisa membantu.

  1. Performa

GPU dan CPU adalah dua komponen wajib yang ada di chipset. Berdasarkan ulasan konsumen, kinerja GPU MediaTek masih jauh di bawah Snapdragon. Namun, ini membuat penggunaan baterai dan RAM jadi lebih hemat dan awet.

Berbeda dengan chipset Snapdragon yang terlalu powerful sehingga berdampak pada konsumsi daya dan media penyimpanan.

mediatek

  1. Variasi Produk

Perbandingan Snapdragon dan MediaTek dari segi variasi produk sangat jelas terlihat. Snapdragon memiliki tipe yang lebih lengkap dan menghadirkan versi terbaru secara berkala. Beberapa di antaranya 600, 700, hingga 845.

Berbeda dari MediaTek yang hanya stuck di versi Helio saja. Namun tipenya juga tak kalah banyak, seperti P25, G90T, hingga G85.

Setelah mengetahui beberapa perbedaan MediaTek dan Snapdragon di atas, sudah dapat kesimpulan lebih bagus MediaTek atau Snapdragon? Kalau belum, silahkan simak artikel ini sampai tuntas, ya!

Kelebihan dan Kekurangan MediaTek

MediaTek adalah perusahaan asal Kota Hsinchu, Taiwan yang memproduksi chipset murah untuk smartphone. Berbeda dari pesaingnya, MediaTek lebih fokus mengembangkan chipset berkualitas, namun dengan harga yang terjangkau.

Kelebihan

  1. Harga Lebih Murah

Salah satu kelebihan MediaTek adalah harga yang lebih murah dibanding Snapdragon. Meskipun begitu, bukan berarti kualitasnya buruk. Bahkan, sekarang banyak hp gaming murah yang mengandalkan prosesor merk ini.

MediaTek atau Snapdragon

Contohnya Xiaomi Redmi Note 8 Pro, dengan MediaTek Helio G90T yang sudah terbukti tangguh untuk memainkan game berat selama berjam-jam.

  1. Performa Grafis Memukau

Selanjutnya, keunggulan chipset ini yang bisa jadi pertimbangan sebelum memilih MediaTek atau Snapdragon adalah performa grafis yang cukup mengesankan. Sehingga, perangkat bisa memproses gambar dengan resolusi lebih baik.

  1. Konsumsi RAM Hemat

Meskipun performa grafisnya cukup tinggi, namun untungnya MediaTek telah menyematkan teknologi canggih guna meminimalisir penggunaan RAM berlebih. Jadi, Anda bisa memainkan game atau aplikasi berat tanpa khawatir macet atau ngelag.

Kekurangan

  1. Konsumsi Baterai Terlalu Boros

Sayangnya, prosesor MediaTek punya kekurangan yang cukup mengecewakan, yakni menyebabkan baterai perangkat lebih boros dibanding Snapdragon. Ini merupakan efek samping dari performa grafis yang tinggi, sehingga konsumsi daya jadi kena imbasnya.

  1. Masih Mengandalkan CPU Core Standar

Kekurangan MediaTek selanjutnya adalah menggunakan CPU tipe core standar yang cukup jadul dan mempengaruhi kualitas perangkat, khususnya hardware. Tapi, ini termasuk hal yang wajar mengingat MediaTek hanya fokus pada chipset kelas menengah.

snapdragon

Selain dua poin di atas, ternyata tak sedikit pengguna mengeluhkan hp dengan prosesor MediaTek sering mengalami panas berlebih atau overheat bila digunakan untuk aktivitas berat.

Kelebihan dan Kekurangan Snapdragon

Snapdragon adalah prosesor berbasis system on chip dari Qualcomm, sebuah perusahaan asal Amerika yang menaruh fokus pada produk komunikasi dan chipset. Untuk mengetahui lebih bagus MediaTek atau Snapdragon, Anda bisa menyimak ulasan berikut.

Kelebihan

  1. Kecepatan Prosesor Lebih Baik

Kelebihan Snapdragon yang tak dimiliki MediaTek adalah kecepatan chipset dalam memproses data masuk dan keluar. Sehingga pengguna bisa memaksimalkan fungsi smartphone untuk kebutuhan harian maupun bermain game online.

  1. Kualitas Grafis Jauh Lebih Baik

MediaTek memang dibekali kartu grafis yang mengesankan, namun untuk sektor ini Snapdragon jauh lebih baik. Pasalnya, chipset yang dikembangkan Qualcomm didukung dengan teknologi terbaru guna memberikan kepuasan kepada konsumen.

Kekurangan

  1. Harga Lebih Mahal

Kekurangan Snapdragon selajutnya ada di sektor harga. Jika kamu hendak mencari hp Android dengan prosesor Snapdragon, harga jualnya pasti lebih mahal dibanding hp yang ditenagai chipset MediaTek.

  1. Penggunaan RAM Sangat Boros

Meskipun didukung teknologi berkualitas, namun sayangnya penggunaan RAM untuk smartphone dengan chipset Snapdragon sangat boros. Sehingga Anda harus memilih perangkat yang sesuai kebutuhan agar kinerjanya tetap stabil.

MediaTek atau Snapdragon

| Baca Juga : Perbandingan Merk Samsung vs OPPO, Lebih Bagus yang Mana?

Dengan beberapa kelebihan dan kekurangan di atas, semoga pertanyaan bagus mana MediaTek atau Snapdragon sudah terjawab, ya!

Kesimpulan

Pada dasarnya, Snapdragon dan MediaTek punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jadi, dalam menentukan mana yang terbaik, harus disesuaikan dengan kebutuhan, sehingga kinerja prosesor bisa lebih maksimal.

Kalau untuk penggunaan gaming, Snapdragon lebih disarankan. Sementara MediaTek lebih cocok bagi Anda yang suka fitur-fitur canggih dengan harga perangkat lebih terjangkau. Jadi, sudah memutuskan lebih bagus MediaTek atau Snapdragon?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*