Lebih Bagus Kredivo atau Akulaku? Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Loading...

Kredivo atau Akulaku

Loading...

Perkembangan teknologi menghadirkan banyak startup yang bergerak di bidang pinjaman uang dan kredit instan. Beberapa di antaranya Kredivo dan Akulaku. Keduanya punya reputasi yang baik dan cukup populer di Indonesia.

Dalam memilih layanan yang berhubungan dengan keuangan, Anda harus memperhatikan beberapa hal agar tidak menjadi korban penipuan. Misalnya punya rating tinggi dan ulasan positif dari pengguna.

Selain itu, keduanya juga sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan pastinya aman digunakan. Tapi, sebelum memutuskan untuk mengajukan kredit atau pinjaman, sebaiknya pahami dulu mana yang lebih bagus Kredivo atau Akulaku.

Bagus Mana, Kredivo atau Akulaku?

Ketika dihadapkan dengan dua pilihan, Anda harus mengetahui perbandingan Kredivo vs Akulaku dari segi persyaratan, batas pinjaman, bunga, hingga proses pencairan. Setelah itu baru dapat kesimpulan mana yang lebih baik.

Kredivo (PT FinAccel Finance Indonesia)

Kredivo adalah perusahaan digital yang menyediakan layanan pinjaman dan Kredit Tanpa Agunan. Kredivo memungkinkan Anda untuk membeli suatu barang dan membayarnya di lain waktu dengan sistem angsuran 30 hari, 3 bulan, sampai 12 bulan.

Uniknya, fintech di bawah naungan PT FinAccel Finance Indonesia ini membebaskan bunga bila konsumen memilih kredit 30 hari. Sementara bunga 2,95% berlaku untuk cicilan 3 – 12 bulan.

Kelebihan Kredivo

  1. Pendaftaran Mudah dan Cepat

Salah satu kelebihan Kredivo adalah pengajuan pinjaman atau kredit yang cepat dan mudah. Jauh berbeda dibanding bank konvensional atau perusahaan sejenis yang mengharuskan calon nasabah menyerahkan banyak persyaratan.

Untuk bisa mengajukan pinjaman di Kredivo, Anda cukup menyerahkan beberapa dokumen seperti foto KTP, selfie, memiliki penghasilan minimal Rp3 juta per bulan, dan foto rumah.

  1. Bisa Menggunakan Nomor WA untuk OTP

Kredivo selalu berinovasi mengikuti perkembangan zaman. Sadar kalau saat ini penggunaan SMS sangat jarang, Kredivo menghadirkan fitur verifikasi atau OTP via Whatsapp. Dengan ini, tentunya sangat memudahkan pengguna untuk masuk ke akun.

  1. Bisa untuk Bayar Banyal Hal

Kredivo didukung oleh banyak e-commerce, salah satunya Tiket.com. Sehingga pengguna bisa mencicil tiket pesawat jika ingin berpergian ke luar kota. Dari sini mungkin Anda sudah mendapatkan kesimpulan, lebih bagus Kredivo atau Akulaku.

Kredivo atau Akulaku

  1. Kredit Tanpa DP dan Agunan

Dengan menggunakan Kredivo, Anda bisa membeli atau menyicil barang tanpa DP dan agunan. Tentunya ini sangat bagus, mengingat sekarang masyarakat yang ingin memiliki suatu barang harus menyerahkan jaminan BPKP dan uang muka.

Kekurangan Kredivo

  1. Terlambat Bayar? Kena Denda!

Kalau sudah terjun di dunia pinjaman online, Anda juga harus tahu segala konsekuensinya. Dalam hal ini Kredivo cukup tegas, di surat perjanjian tertera poin yang mana bila nasabah terlambat membayar angsuran, akan dikenakan denda 3% per bulan.

  1. Suku Bunga Lumayan Besar

Satu dari sekian banyaknya kerugian menggunakan Kredivo adalah suku bunga yang cukup besar. Meskipun untuk pengambilan kredit 30 hari tidak dikenakan bunga, namun nasabah akan dibebankan bunga 2,95% untuk cicilan 3, 6, dan 12 bulan.

Oleh karena itu, sebelum memilih Akulaku atau Kredivo, pahami dulu perjanjian dan besaran bunga yang ditawarkan. Pastikan Anda menghitung nominal gaji agar tidak ada kendala ketika angsuran berjalan.

Loading...
  1. Suka Membuat Keputusan Sepihak

Kekurangan Kredivo yang terakhir adalah suka mengambil keputusan sepihak. Bukan sekali atau dua kali, di situs Media Konsumen banyak pengguna yang mengungkapkan kekesalan karena tiba-tiba akunnya dalam status on hold tanpa diberi penjelasan.

Kredivo atau Akulaku

Sebagai perusahaan multifinance terpopuler, banyak pengalaman pinjaman tunai Kredivo yang diulas oleh nasabah. Ada yang positif dan ada pula yang negatif. Semoga kelebihan dan kekurangan Kredivo di atas bisa membantu.

Akulaku (PT Akulaku Finance Indonesia)

Saat ini Akulaku menjadi salah satu aplikasi fintech paling digemari karena sudah berkerja sama dengan banyak merchant ternama di Indonesia. Ulasan tentang kelebihan dan kekurangan di bawah ini bisa jadi acuan sebelum memilih Kredivo atau Akulaku.

Kelebihan Akulaku

  1. Limit Pinjaman Besar

Akulaku menghadirkan layanan Dana Cicil yang bisa digunakan untuk meminjam hingga Rp15 juta. Ini termasuk besar kalau dibandingan fintech lainnya. Sementara untuk KTA Asetku, limit pinjaman Rp3 juta dan bisa ditinggkatkan kalau angsuran dibayar tepat waktu.

  1. Tidak Perlu Akses Rekening Banking dan Medsos

Keunggulan Akulaku berikutnya adalah tidak perlu akses  medsos dan rekening bank bagi masyarakat yang hendak mengajukan pinjaman. Tentu saja ini sangat menarik, mengingat persyaratan tersebut dipakai oleh rata-rata perusahaan multifinance.

  1. Pencairan Dana Cepat

Bagus mana Akulaku vs Kredivo dari segi proses pencairan? Berdasarkan data, ternyata Akulaku lebih unggul karena pinjaman bisa cair dalam waktu 10 menit setelah pengajuan. Tapi dengan catatan, berkas-berkasnya sudah lengkap dan tidak ada masalah.

Kredivo atau Akulaku

| Baca Juga : Bagus Mana Telegram atau Whatsapp?

Kekurangan Akulaku

  1. Wajib Uang Muka dan Bunga Sangat Besar

Salah satu kekurangan yang mungkin bisa jadi Anda pertimbangkan adalah  bunga Akulaku per bulan yang sangat besar. Untuk tenor 15 hari, pihak aplikasi memberikan bunga 3% dan 4,34% untuk masa cicilan 22 hari.

Tentunya ini jauh berbeda dari Kredivo yang membebaskan bunga untuk tenor 30 hari. Bahkan, Akulaku membebankan bunga 5% untuk Dana Cicil. Di samping itu, Akulaku juga mewajibkan uang muka bagi nasabah yang mau menyicil barang.

Kredivo atau Akulaku

  1. Kerja Sama Merchant Terbatas

Ya, seperti penjelasan di awal, Akulaku memang menjalin kerja sama dengan 50 merchant. Tapi sayangnya, ini terbatas dan tidak sebanyak Kredivo yang bisa digunakan untuk pembayaran dan pembelian beragam barang dan tiket pesawat.

  1. Persyaratan Sulit, Harus Pakai BPJS/NPWP

Berbeda dari Kredivo, Akulaku memberikan syarat berupa BPJS atau NPWP bagi nasabah yang ingin mengajukan pinjaman. Sangat memberatkan mengingat saat ini tidak semua masyarakat punya kartu BPJS maupun NPWP.

Kesimpulan

Meskipun keduanya termasuk perusahaan multifinance resmi yang diawasi OJK, namun Akulaku dan Kredivo punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Ini bisa jadi pertimbangan bagi Anda dalam memilih aplikasi pinjol terbaik.

Itulah beberapa poin-poin penting yang bisa dijadikan referensi, mulai dari pendaftaran, bunga kredit, hingga besaran pinjaman. Dengan mengetahuinya, sekarang silahkan tentukan sendiri mana yang lebih bagus Kredivo atau Akulaku?

akulaku

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*