Lebih Bagus iOS atau Android? Ini Perbandingannya

Loading...

Saat ini banyak brand smartphone menawarkan keunggulan serta fitur terbaru. Tapi, hanya dua sistem operasi yang sering digunakan, yakni iOS khusus iPhone dan Android untuk Samsung hingga Xiaomi. Tapi sebenarnya, lebih bagus iOS atau Android?

Kalau dibandingkan dari segi popularitas, memang keduanya sama-sama digemari masyarakat. Namun, Android sedikit lebih unggul karena umumnya hp dengan OS Android dihargai lebih murah dibanding iOS.

Selain itu, beda iOS dan Android juga terlihat dari kinerja perangkat. iOS lebih “tertutup” karena tidak diizinkan menggunakan aplikasi dari pihak ketiga. Tapi, di sisi lain ini menimbulkan kesan eksklusif.

iOS atau Android

Loading...

Lebih Bagus iOS atau Android?

Sebenarnya kedua sistem operasi ini punya pasar sendiri. Umumnya iOS menyasar masyarakat kelas atas, sementara Android lebih ke semua kalangan. Untuk mengetahui bagus iOS atau Android, simak ulasannya di bawah ini.

Kelebihan dan Kekurangan iOS

iOS adalah sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh Apple dengan bahasa program C, C++, Objective-C. Produk smartphone dengan sistem operasi iOS meliputi iPad dan iPhone.

Berikut kelebihan dan kekurangan iOS yang harus kamu ketahui.

Kelebihan

  1. Performa Lebih Baik

Meskipun iOS dianggap memiliki performa yang buruk dibanding Android, namun ini tak sepenuhnya benar. Pasalnya, iOS mampu menampung banyak aplikasi/game bermodal RAM 2GB. Berbeda dengan Android yang sangat bergantung pada RAM besar.

  1. Keamanan Lebih Terjamin

Apple membekali produknya dengan sistem keamanan yang ketat, termasuk aplikasi di App Store. Sebelum dipublikasi, aplikasi tersebut mengalami pemeriksaan malware dan sejenisnya. Selain itu, iOS mengizinkan pengguna melihat detail informasi aplikasi.

Ini bisa jadi kelebihan iOS yang harus dipertimbangkan untuk menjaga privasi dan keamanan data di internet.

  1. Kinerja iOS Lebih Cepat

Urusan kinerja software, iOS lebih baik daripada Android karena dukungan prosesor yang eksklusif. Yaps, Bionic hanya digunakan oleh produk buatan Apple. Berbeda dengan Android yang punya banyak prosesor, seperti Snapdragon dan MediaTek.

Kekurangan

  1. Daya Baterai Lebih Boros

Sayangnya, meskipun dibekali banyak kelebihan, iOS juga tak luput dari kekurangan. Salah satunya baterai yang boros. Berdasarkan ulasan pengguna, kalau menggunakan iPhone untuk aktivitas berat, baterainya jadi cepat habis dan harus sering di-charge.

iOS atau Android

Meskipun masih bisa membawa Powerbank, tapi tetap saja hal ini sangat mengganggu. Apalagi kalau aktivitas kita tidak bisa lepas dari smartphone. Mungkin ini bisa jadi pertimbangan dalam memutuskan bagus iOS atau Android.

Loading...
  1. Tidak Support Aplikasi Pihak Ketiga

Seperti penjelasan di awal, kekurangan iOS juga terletak di dukungan aplikasi pihak ketiga. Apple hanya mengizinkan aplikasi yang terdapat di App Store. Jadi, Anda tidak bisa mengunduh aplikasi tersebut dari luar toko resmi Apple.

Kelebihan dan Kekurangan Android

Meskipun termasuk OS open-source, tapi pada dasarnya Android dikembangkan oleh Google. Sehingga sistemnya lebih fleksibel dan dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan pengguna.

Berikut kelebihan dan kekurangan Android yang harus kamu ketahui.

Kelebihan

  1. Harga Murah dan Mudah Dikustomisasi

Sebagai sistem operasi berbasis open source, Android menjadi pilihan bagi orang yang suka memodifikasi ROM, aplikasi, dan lain sebagainya. Tak heran ponsel dengan sistem operasi Android lebih populer dibanding iOS.

Disamping itu, umumnya harga hp Android lebih murah dengan spesifikasi yang dapat dipilih sesuai budget dan keinginan.

  1. Kapasitas Baterai Lebih Besar

Kelebihan Android selanjutnya ada di bagian daya. Ya, hampir semua perangkat Android menengah ke atas dibekali baterai lebih besar. Bahkan, ada fitur hemat baterai dan pengisian cepat yang membuat pemakaian jadi efisien.

  1. Ruang Penyimpanan Luas

Dibanding iOS, Android unggul di ruang penyimpanan. Sehingga pengguna bisa leluasa mengabadikan gambar atau merekam momen tanpa takut memori penuh. Bahkan, sebagian besar ponsel Android didukung memori eksternal atau microSD.

Kekurangan

  1. Sistem Keamanan Rentan

Sudah bukan rahasia umum kalau Android sering jadi target pelaku kejahatan atau peretas. Pasalnya, mereka bisa dengan mudah mengunggah aplikasi yang sudah ditanam virus ke Google Play. Untuk itu pengguna harus lebih berhati-hati agar tidak jadi korban.

iOS atau Android

| Baca Juga : Sistem Operasi Windows vs Linux, Lebih Bagus Mana?

  1. Memori Lebih Boros

Kekurangan Android selanjutnya ada di ART atau Android Runtime. Mesin virtual ini membutuhkan banyak ruang untuk bekerja di belakang layar, sehingga hp dengan spek rendah akan mudah kehabisan ruang penyimpanan.

Kesimpulan

iOS atau Android masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Untuk menentukan mana sistem operasi yang paling bagus, sebaiknya sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda. Tapi, admin lebih condong ke Android karena fleksibel.

Nah, dari ulasan di atas, menurut Anda lebih bagus iOS atau Android? Sebelum membeli smartphone baru, sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan. Jangan memilih sesuatu karena gengsi atau ingin dibilang keren. Semoga bermanfaat!

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*