Enak Mana Indomie vs Mie Sedaap? Ini Perbandingannya

Loading...

Indomie vs Mie Sedaap

Loading...

Meskipun kurang baik untuk kesehatan, semua orang pasti setuju kalau mie instan adalah makanan terbaik yang pernah ada di bumi. Seiring berjalannya waktu, ragam merk mie instan mulai bermunculan, beberapa di antaranya Indomie dan Mie Sedaap.

Untuk menentukan mana yang terbaik tentu tidak mudah. Terlebih, saat ini keduanya sudah berinovasi dengan menghadirkan banyak varian. Misalnya rasa Ayam Geprek, Korean Spicy, Seblak Jeletot, hingga Salero Padang.

Kalau bicara soal selera, setiap orang pasti punya pilihan berbeda. Tapi, kali ini kami akan coba membedah perbandingan masing-masing merk untuk menentukan mana yang terbaik antara Indomie vs Mie Sedaap.

Indomie vs Mie Sedaap, Enak Mana?

Ada yang tahu merk mie instan pertama di Indonesia? Hampir semua orang pasti menjawab Indomie. Padahal, menurut catatan sejarah, Supermi adalah “kakek buyut” dari semua merk mie instan saat ini.

Supermi mulai dipasarkan pada 1968, kemudian disusul Indomie tahun 1972. Sedangkan Mie Sedaap bisa dibilang “anak baru” karena diluncurkan 31 tahun setelah Indomie atau tepatnya 18 tahun lalu.

Untuk mengetahui pemenang Indomie vs Mie Sedaap, kami sudah merangkum kelebihan dan kekurangan dari masing-masing merk, sehingga Anda bisa memutuskan sendiri mana yang lebih enak di antara keduanya.

Indomie (Indofood)

Indomie diproduksi oleh PT Indofood Sukses Makmur Tbk yang pabriknya tersebar di kota-kota di Indonesia. Selain dipasarkan di dalam negeri, Indomie sudah melanglang buana ke banyak negara. Bahkan menjadi produk andalan di Afrika, terutama Nigeria.

Kelebihan Indomie

  1. Varian Rasa Lebih Beragam

Kalau dari varian rasa, bisa dibilang Mie Sedaap kalah telak. Terlebih, Indomie punya produk khas yang mengangkat kuliner asli Indonesia. Setidaknya ada lebih dari 10 varian Selera Nusantara, seperti Rendang, Coto Makassar, Empal Gentong, hingga Soto Banjar.

  1. Premium Collection

Apa perbedaan Mie Sedaap dan Indomie? Salah satunya inovasi. Indomie memiliki produk Premium Collection yang tidak dimiliki sang rival. Dengan kelebihan ini, masyarakat jadi punya banyak pilihan andai bosan dengan varian rasa yang itu-itu saja.

  1. Populer di Banyak Negara

Bicara soal popularitas, nama Indomie sudah dikenal hampir di semua negara. Bahkan, Hans-Kristian Vittinghus, pebulutangkis asal Denmark sangat senang ketika dihadiahi 4 dus Indomie oleh Anthony Ginting saat pergelaran Thailand Open beberapa waktu lalu.

Tapi hal ini sangat wajar, mengingat Indomie lebih dulu hadir dibanding Mie Sedaap. Sementara kalau di dalam negeri, sepertinya kedua merk ini sama-sama populer, khususnya sejak Mie Sedaap menghadirkan banyak varian baru.

Indomie vs Mie Sedaap

  1. Indomie Goreng Versi Jumbo

Kelebihan Indomie dibanding Mie Sedaap berikutnya adalah versi Jumbo. Yaps, Indofood menghadirkan Indomie Goreng Jumbo sebagai jawaban atas keluhan masyarakat yang merasa satu bungkus kurang, dua kebanyakan.

Kekurangan Indomie

  1. Kurang Aktif Promosi

Sebagai merk makanan yang sangat populer, sepertinya Indofood sudah sangat puas dengan pencapaiannya saat ini. Sehingga sangat jarang kita melihat iklan Indomie di TV. Berbeda dari Mie Sedaap yang sangat aktif, bahkan sampai menggandeng Siwon Choi.

Tapi, mungkin budget promosi Indomie sudah dialokasikan untuk mendukung sepakbola. Terlihat di beberapa jersey klub Indonesia yang terpampang logo Indofood.

Loading...
  1. Tekstur Mie Lebih Tipis

Mungkin ini lebih ke faktor selera, dan tidak bisa dijadikan penentu enakan Mie Sedaap atau Indomie. Tapi berdasarkan pengamatan kami, tekstur Indomie sedikit lebih tipis. Sehingga kalau terlalu lama direbus, mie jadi lembek dan mengurangi kenikmatannya.

  1. Banyak Varian yang Hilang dari Pasaran

Sudah bukan jadi rahasia umum kalau Indomie selalu berinovasi dengan produk dan rasa. Tapi sayangnya, banyak varian yang sebelumnya jadi favorit masyarakat tiba-tiba hilang dari pasaran. Contohnya Indomie rasa Sate dan Salted Egg.

Daftar Varian Indomie Paling Populer dan Enak

  1. Mie Goreng Original
  2. Mie Goreng Rasa Sate
  3. Mie Kocok Bandung
  4. Mie Rebus Soto Banjar Limau Kuit
  5. Mie Goreng Rasa Ayam Geprek
  6. Real Meat Mushroom Chicken
  7. Mie Goreng Rasa Mie Aceh
  8. Mie Goreng Ayam Panggang Jumbo

Mie Sedaap (Wings Food)

Mie Sedaap mulai dipasarkan tahun 2003. Sejak saat itu, masyarakat jadi punya banyak pilihan mie instan di pasaran. Meskipun kalah umur dari Indomie, namun produk dari Wings Food ini menawarkan ragam inovasi guna menarik minat konsumen.

Kelebihan Mie Sedaap

  1. Banyak Varian yang Sukses

Meskipun Indomie sedikit lebih maju dari segi varian, tapi tingkat kesuksesan Mie Sedaap jauh di depan. Setiap kali keluar produk baru, pasti langsung diburu masyarakat dan bisa bertahan lama, kecuali rasa White Curry yang entah kenapa jarang terlihat di rak minimarket.

  1. Lebih Niat Promosi

Mungkin karena orang Indonesia banyak menyukai hal-hal berbau Korea, Mie Sedaap menggaet Siwon Choi sebagai brand ambassador. Bahkan sampai ada photocard yang ditandatangani langsung oleh member dari grup musik Super Junior itu.

  1. Tekstur Mie Lebih Tebal dan Kenyal

Bicara perbandingan Indomie vs Mie Sedaap, salah satu yang paling terlihat adalah mie-nya. Semua varian Mie Sedaap memiliki tekstur lebih tebal dan kenyal. Berbeda dari Indomie yang hanya di beberapa varian saja.

  1. Topping Lebih Banyak

Khususnya di varian Salero Padang, Mie Sedaap memang sangat niat menyertakan “daging” dan sambal ijo layaknya Nasi Padang. Coba bandingkan dengan Rendang-nya Indomie, konsumen hanya mendapatkan bumbu, minyak kecap, dan bawah goreng.

Kekurangan Mie Sedaap

  1. Varian Tidak Sebanyak Indomie

Jelas dari segi varian Mie Sedaap jauh ketinggalan. Selain karena kalah start, Wings Food sepertinya lebih fokus membuat produk yang awet di pasaran. Tapi kalau dari rasa, Mie Sedaap vs Indomie sepertinya cukup seimbang.

Indomie vs Mie Sedaap

  1. Belum Tersedia Versi Jumbo

Kekurangan Mie Sedaap selanjutnya adalah variasi kemasan yang terbatas. Berbeda dari kompetitor, setidaknya sampai saat artikel ini dirilis, Mie Sedaap tidak memiliki versi Jumbo. Meskipun berat bersih lebih banyak, tapi tetap saja kalau makan satu bungkus bakalan kurang.

  1. Kandungan Micin Terlalu Berlebihan

Beberapa penikmat mie instan mengklaim kalau kandungan micin di bumbu Mie Sedaap sangat berlebihan. Meskipun ini menghasilkan citarasa yang lebih nikmat, namun kalau terlalu sering dikonsumsi akan membuat perut jadi tidak nyaman.

| Baca Juga : Bagus Mana Bebelac atau Dancow?

Daftar Varian Mie Sedaap Paling Enak

  1. Mie Rebus White Curry
  2. Mie Rebus Kari Kental Spesial
  3. Mie Goreng Original
  4. Mie Goreng Salero Padang
  5. Korean Spicy Chicken
  6. Tasty Bakmi Ayam
  7. Mie Goreng Rasa Sambal Goreng

Kalau dari segi perbandingan harga Indomie vs Mie Sedaap, sepertinya kedua merk ini mematok harga yang sama kalau dibeli satuan, kecuali Premium Collection. Tapi, untuk harga satu dus, Mie Sedaap lebih murah Rp5.000 dibanding Indomie.

Kalau ada pertanyaan lebih sehat Mie Sedaap atau Indomie, jawabannya tidak ada. Sebab, kedua produk sama-sama mengandung MSG, pengawet, dan natrium/sodium yang bila dikonsumsi berlebihan akan berakibat buruk bagi kesehatan.

Kesimpulan

Apapun pilihan Anda, nyatanya saat ini Indomie dan Mie Sedaap sama-sama populer dan memberikan warna di dunia kuliner tanah air. Terlebih, keduanya menawarkan varian rasa berbeda yang bisa dipilih sesuai selera.

Meskipun perdebatan antara Indomie vs Mie Sedaap tak kunjung usai, tapi hasil akhir tetap di selera masing-masing orang. Kalau admin lebih suka Indomie, tapi Salero Padang-nya Mie Sedaap sangat sulit untuk ditolak. Jadi, menurut Anda, mana yang lebih enak?

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*