Bagus Mana Beras Shirataki vs Beras Basmati? Ini Perbedaannya

Loading...

Mengetahui perbedaan beras shirataki vs beras basmati sangat penting bagi Anda yang ingin memulai hidup sehat. Sebab, dua jenis beras ini memiliki kandungan gizi serta manfaat yang tidak sama. Selain itu, bahan pembuatannya juga sangat berbeda.

Seperti yang kita tahu, di berbagai belahan dunia, ada banyak jenis beras dengan ragam manfaat. Ada beras yang diperuntukkan sebagai sumber karbohidrat, ada pula beras khusus untuk kesehatan, misalnya diet dan kecantikan.

Beras Shirataki vs Beras Basmati

Loading...

Beras Shirataki vs Beras Basmati, Bagus Mana?

Nah, kali ini kami akan “mengadu” beras shirataki vs beras basmati untuk mencari perbedaan, kelebihan, serta manfaatnya. Sehingga dapat disimpulkan mana yang paling bagus.

Beras Shirataki

Beras shirataki adalah jenis beras yang mempunyai bentuk pipih dengan warna putih pucat. Kabarnya, pohon beras shirataki adalah porang atau iles-iles, tanaman yang sempat viral karena harga jualnya sangat mahal, sekitar Rp13.000 per kilo.

Shirataki mengandung 97% air, kalori, karbohidrat, serta serat. Sehingga beras ini bisa jadi pilihan alternatif kalau ingin mengganti beras dari padi.

Untuk harga beras shirataki, di tiap supermarket maupun marketplace berbeda. Namun, rata-rata dijual sekitar Rp75.000 per kilo.

Manfaat Beras Shirataki

  1. Bagus untuk Penderita Diabetes

Menurut penelitian, beras shirataki sangat cocok dikonsumsi bagi penderita diabetes. Hal ini disebabkan karena kandungan gula yang sedikit, sehingga kadar insulin akan meningkat dan menurunkan gula pada darah secara bertahap.

  1. Rendah Kalori untuk Diet

Meskipun mengandung kalori, namun jumlahnya tak sebanyak beras biasa. Sehingga shirataki jadi pilihan wanita Jepang untuk membentuk tubuh yang ideal. Di samping itu, beras shirataki bisa jadi opsi kalau Anda punya alergi gluten dan kedelai.

Beras Shirataki vs Beras Basmati

  1. Melancarkan Sistem Pencernaan

Dengan kandungan serat glucomannan, mengonsumi nasi dari beras shirataki secara rutin akan melancarkan sistem pencernaan sehingga badan terasa lebih ringan. Di samping itu, usus juga jadi lebih bersih karena meningkatnya pertumbuhan bakteri baik.

  1. Membantu Program Diet

Karena kalorinya tidak sebanyak beras biasa dan terdapat kandungan serat glucomannan, tak heran kalau manfaat beras shirataki bisa membantu menurunkan berat badan bagi masyarakat yang sedang menjalankan program diet.

Loading...

Beras Basmati

Sementara basmati adalah beras yang berasal dari padi dan biasa digunakan untuk membuat nasi briyani. Berbeda dari beras pada umumnya, basmati memiliki bentuk agak panjang dengan tekstur unik dan aroma yang sangat khas.

Untuk kandungan gizi beras basmati, ada magnesium, protein, karbo, kalori, fosfor, selenium, vitamin, natrium, serat, lemat, hingga zat besi.

Kalau ingin membeli jenis beras yang satu ini, Anda harus merogoh kantong dalam-dalam. Sebab, harga beras basmati di Indomaret dijual mulai dari Rp115.000 – Rp130.000 untuk kemasan 2kg.

Manfaat Beras Basmati

  1. Meminimalisir Diabetes dan Penyakit Jantung

Tidak seperti beras pada umumnya, kandungan arsenik pada beras basmati cukup rendah, terutama yang putih. Sehingga tak heran harganya sangat mahal, karena manfaatnya dapat meminimalisir ragam penyakit, seperti diabetes, jantung, dan kanker.

  1. Meningkatkan Kecerdasan Otak

Seperti yang dijelaskan oleh pakar kesehatan, kandungan vitamin B dan thiamin pada beras basmati sangat baik untuk otak. Sehingga dengan mengonsumsinya secara rutin, akan membuat otak mampu menangkap informasi dengan baik.

Beras Shirataki vs Beras Basmati

| Baca Juga : Keju vs Cokelat, Mana yang Paling Populer?

  1. Memenuhi Kebutuhan Harian

Diperkaya banyak kandungan baik, manfaat beras basmati sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan nutrisi dan vitamin. Jadi, kalau Anda ingin mengurangi konsumsi beras biasa, beras jenis basmati bisa jadi pilihan yang tepat.

  1. Kaya Akan Gandum Utuh

Beras basmati ada dua jenis, yang cokelat dan putih. Keduanya sama-sama diperkaya gandum utuh, sehingga mampu mencegah risiko penyakit jantung, peradangan, dan kanker. Namun, untuk hal ini, beras basmati cokelat paling bagus karena keuntungannya lebih banyak.

Kesimpulan

Jadi, perbedaan utama dari dua jenis beras ini adalah tanamannya. Shirataki berasal dari umbi, sedangkan basmati dari padi. Selain itu, dari manfaatnya, beras shirataki cocok bagi Anda yang ingin diet dengan membatasi makanan berkalori tinggi.

Demikian ulasan tentang perbedaan beras shirataki vs beras basmati beserta kandungan gizi dan manfaatnya untuk kesehatan. Semoga bisa jadi referensi dalam memilih jenis beras terbaik.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*