Bagus Mana Xpander Cross vs Pajero Sport? Terbaru 2020

Kendaraan

Xpander Cross vs Pajero Sport

Xpander Cross vs Pajero Sport,

Persaingan dunia otomotif semakin menarik dengan hadirnya mobil-mobil model SUV dan MPV yang memiliki body tangguh namun tetap mewah. Produsen mobil asal Jepang Mitsubishi menghadirkan Xpander Cross sebagai alternatif bagi masyarakat yang merasa Pajero Sport terlalu mahal.

Yaps, dari segi harga Xpander Cross lebih murah dari Pajero Sport. Untuk tipe terendah dijual Rp 267,7 juta, sedangkan tipe tertinggi Xpander Cross sekitar Rp 286,7 juta. Selisih harga yang sangat jauh dari Pajero Sport yang dibanderol mulai dari Rp 491,5 juta.

Bagus mana Xpander Cross vs Pajero Sport? Meskipun keduanya berbeda dari segi harga, tapi perlu juga dikulik lebih dalam perbedaan Xpander Cross dan Pajero Sport dari segi tenaga, interior, exterior, dan dimensi kendaraan.

Perbedaan Xpander Cross vs Pajero Sport

Pajero Sport milik Mitsubishi memang lebih populer dari Xpander Cross, namun hal ini belum cukup untuk membuat kesimpulan mana yang lebih baik, karena Xpander Cross sendiri baru diluncurkan akhir 2019 lalu.

Sedangkan generasi pertama Pajero Sport diperkenalkan pada tahun 1996, dan sampai saat ini sudah sampai pada generasi ketiga. Bahkan kabarnya akan ada Pajero Sport keluaran terbaru yang akan diperkenalkan dalam waktu dekat ini.

Xpander Cross vs Pajero Sport

Nah agar tak salah memilih mobil andalan, ada baiknya Anda mengetahui perbedaan Xpander Cross dan Pajero Sport dalam ulasan berikut.

Ground Clearance dan Ukuran Body

Perbedaan Xpander Cross dan Pajero Sport yang sangat jelas terlihat adalah pada bagian body dan ground clearance. Pajero Sport memiliki panjang 4.785 mm, lebar 1.815 mm, dan tinggi 1,805 mm. Sedangkan jarak sumbu roda depan dan belakang 2.800 mm dengan ground clearance 218 mm.

Sementara Xpander Cross dibekali panjang 4.500 mm, lebar 1.800 mm, tinggi 1.750 mm, jarak sumbu roda 2.775 mm, dan ground clearance 225 mm. Meskipun tidak lebih dari 200 mm, namun perbedaan ini bisa jadi acuan bagi masyarakat yang ingin membeli mobil merk Mitsubishi.

Detail Mesin

Beralih ke bagian mesin, Mitsubishi membekali Pajero Sport dengan mesin 4 silinder 2477 cc jenis 4D56 2.5L DI Commonrail Turbocharged dan Intercooled DOHC yang membuat kendaraan ini mampu melewati berbagai medan jalan dengan mudah.

Xpander Cross hanya dibekali kapasitas mesin 1499 cc dengan konfigurasi mesin 4A91 1.5L MIVEC DOHC 16 Valve. Pantas saja kalau harga jual Xpander Cross lebih murah dari ‘eyang’-nya itu.

Sementara pada bagian transmisi, Pajero Sport dan Xpander Cross sama-sama dibekali 5 kecepatan. Namun bedanya Xpander Cross mengandalkan roda depan sebagai penggerak, sedangkan Pajero Sport dengan roda belakang atau rear wheel drive.

Xpander Cross vs Pajero Sport

Sedangkan pada bagian tangki bahan bakar, Xpander Cross hanya bisa memuat bensin 45 liter. Berbeda jauh dari Pajero Sport yang bisa diisi full tank hingga 68 liter bensin atau diesel. Dari sini sudah dapat kesimpulan bagus mana Xpander Cross vs Pajero Sport?

Performa Mesin

Lanjut ke bagian spesifikasi performa mesin, Mitsubishi membekali Xpander Cross dengan tenaga mesin 102 horse power pada kecepatan 6.000 rpm dan torsi 141 Nm @ 4.000 rpm. Sedangkan tenaga mesin yang dimiliki Pajero Sport adalah 136 PS (100 kW)/4000 rpm dengan torsi 33 kgm (324)/2000 rpm.

Rem dan Suspensi

Perbedaan Xpander Cross dan Pajero Sport selanjutnya adalah pada bagian rem dan suspensi. Pajero Sport sudah dibekali suspensi Double Wishbone dengan pegas koil. Sedangkan Xpander Cross mengandalkan suspensi MacPherson Strut yang lebih sederhana dengan stabilizer bar.

Xpander Cross vs Pajero Sport

Velg dan Ban

Selanjutnya kita akan bahas kelebihan dan kekurangan Xpander Cross dan Pajero Sport pada bagian velg dan ban. Material velg 16 inchi alloy wheel terpasang pada Pajero Sport dengan ukuran ban 265/70.

Sedangkan Xpander Cross sedikit lebih besar dengan material velg 17 inchi alloy wheel, namun ukuran bannya hanya 205/55. Tapi sepertinya ini tak terlalu berpengaruh bagi orang-orang yang berencana merombak bagian ban dan velg pada mobilnya.

| Baca juga : Bagus Mana Sepeda Pacific Vs Sepeda Exotic? (Tahun 2020)

Eksterior atau Tampilan Luar

Pada bagian eksterior, kedua mobil ini memiliki banyak perbedaan. Misalnya pada lampu depan dan lampu kabut, Xpander Cross dibekali lampu LED, sementara Pajero Sport mengandalkan Halogen Projector yang sebenarnya sama bagusnya dengan LED, hanya saja harga lampu jenis Halogen lebih mahal.

Untuk lampu belakang, Mitsubishi membekali Pajero Sport dengan lampu jenis LED + Halogen, dan untuk Xpander Cross , Mitsubishi memasang lampu LED kombinasi yang membuat keduanya terlihat anggun dari belakang.

Sedangkan untuk kaca spion, Pajero Sport dan Xpander Cross sama-sama dibekali spion yang dapat diatur secara otomatis dengan sistem auto-folding. Pajero Sport tidak dilengkapi dengan spoiler, namun memiliki pijakan samping yang memudahkan pengemudi untuk masuk ke mobil.

Sistem Keselamatan

Yang terakhir mari kita bedah perbedaan Pajero Sport dan Xpander Cross pada sektor keselamatan. Dibandingkan Pajero Sport, Xpander Cross unggul pada sektor ini karena memiliki sistem keselamatan yang lengkap.

Kenapa begitu? Karena Pajero Sport tidak memiliki sistem brake assist, rearview camera, uphill & downhill assist control, dan vehicle stability control system yang dimiliki Xpander Cross.

Kesimpulan

Kalau disuruh memilih, admin sepertinya lebih tertarik dengan Xpander Cross karena tampilan luarnya lebih ramai namun masih terlihat mewah. Berbeda dari Pajero Sport yang terlihat mainstream. Apalagi dengan harga Xpander Cross yang jauh lebih murah, mobil gabungan SUV dan MPV ini bisa jadi pilihan.

Nah itu dia penjelasan lengkap mulai dari perbedaan, kelebihan dan kekurangan Xpander Cross vs Pajero Sport. Semoga Anda bisa memutuskan sendiri lebih bagus mana Xpander Cross vs Pajero Sport.

Xpander Cross vs Pajero Sport

 

Artikel lain nya :
1. Samsung Vs IPhone Mana Lebih Bagus? (Tahun 2020)
2. Laptop Gaming Asus ROG Vs Dell Alienware Bagus Mana? (Tahun 2020)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *