Bagus Mana Telegram atau Whatsapp?

Aplikasi

esasaja.com

Telegram atau Whatsapp

Menjamurnya aplikasi chatting membuat masyarakat memiliki banyak pilihan aplikasi mana yang ingin mereka gunakan. Tapi aplikasi yang tersedia sama-sama menawarkan kelebihan berupa fitur menarik yang tidak dimiliki aplikasi chatting serupa.

Saat ini Telegram dan Whatsapp merupakan aplikasi chatting paling populer dan memiliki banyak pengguna khususnya di Indonesia. Keduanya menjadi tempat berkirim pesan gratis yang mudah digunakan. Lalu lebih bagus mana Telegram atau Whatsapp?

Telegram atau Whatsapp?

Sebelum memutuskan mana yang terbaik antara keduanya, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dulu seperti apa kelebihan dan kekurangan Whatsapp dan Telegram agar kesimpulan yang dihasilkan bisa lebih valid dan objektif.

Telegram

Aplikasi yang identik dengan warna biru muda ini dikembangkan oleh perusahaan asal Rusia, Telegram FZ-LLP dengan sokongan dana dari Pavel Durov. Telegram dirilis pada Agustus 2013 dan tersedia di semua perangkat Android, iOS, maupun Windows.

Telegram memiliki jumlah pengguna lebih sedikit dari Whatsapp, namun dalam 6 bulan terakhir pengguna Telegram mengalami lonjakan hingga 100 juta pengguna. Meskipun begitu, sistem keamanan Telegram diklaim lebih baik dari pesaingnya itu.

Kelebihan Telegram

Privasi Pengguna Terjaga

Kelebihan Telegram dibanding Whatsapp yang pertama adalah sistem keamanan yang lebih baik. Telegram mengandalkan enkripsi end-to-end dengan skema MTProto, sehingga data-data pribadi pengguna terjamin keamanannya.

Selain itu di Telegram juga ada fitur Pesan Rahasia. Dengan fitur ini Anda bisa mengirim pesan secara private tanpa takut diretas. Pesan yang sudah diterima juga dapat terhapus dengan sendirinya.

Data Tersimpan di Cloud

Telegram memiliki sistem Cloud yang artinya pengguna tidak perlu khawatir kehabisan ruang penyimpanan chat, foto, video, dan sebagainya. Karena semua data-data tersebut otomatis tersimpan di cloud storage layaknya Google Drive.

Keunggulan Telegram yang satu ini membuat penggunanya bebas log-in di banyak perangkat dalam waktu yang bersamaan tanpa takut kehilangan data. Selain itu proses back-up juga tak perlu dilakukan karena semua data sudah tersimpan otomatis.

Banyak Akun dalam Satu Aplikasi

Untuk pengguna yang memiliki bisnis sangat terbantu dengan fitur yang dimiliki Telegram ini. Dengan satu aplikasi yang terpasang di smartphone, Anda bisa menambahkan banyak akun tanpa perlu aplikasi pendukung seperti Whatsapp.

Kapasitas Anggota Grup Lebih Banyak

Kelebihan Telegram selanjutnya adalah bisa menambah jumlah member dalam grup hingga 5.000 pengguna. Jauh berbeda dari Whatsapp yang hanya mampu menampung 256 member saja. Dengan begitu, pengguna bisa leluasa membuat grup berbagi video, foto, dokumen, dan yang lainnya.

Apalagi Telegram memiliki server berbasis Cloud yang membuat penggunanya bisa bebas mengirim file-file berukuran besar hingga 1.5 GB. Berbeda dengan Whatsapp yang hanya bisa mengirim dan menerima file berukuran kecil.

Kekurangan Telegram

Tidak Bisa Melakukan Panggilan Video

Kekurangan Telegram yang pertama adalah tidak adanya fitur panggilan video. Hal ini sangat disayangkan mengingat saat ini orang-orang membutuhkan aplikasi yang bisa melakukan video call dengan nyaman.

Namun kabarnya pada tahun 2021 pihak Telegram yang diwakilkan oleh Paul Durov akan menambah fitur video call pada aplikasinya. Hal ini tentunya menjadi jawaban atas keluhan yang selama ini disampaikan oleh pengguna.

Pengguna Tidak Sebanyak Whatsapp

| Baca Juga : Bagus Mana TikTok Atau Likee?

Saat ini Whatsapp memiliki pengguna 1.5 miliar dari 180 negara di dunia, berbeda jauh dari Telegram yang hanya 400 juta pengguna aktif. Meskipun dibekali dengan fitur dan layanan menarik, tampaknya Telegram masih butuh waktu untuk meyakinkan masyarakat dengan kelebihan yang dimiliki.

Telegram atau Whatsapp

Whatsapp

Whatsapp adalah aplikasi chatting saingan Telegram yang sudah mengudara sejak tahun 2009. Awalnya Whatsapp dimiliki oleh dua orang sahabat Brian Acton dan Jan Koum. Namun pada tahun 2014 Facebook mengakuisisi Whatsapp dengan nilai lebih dari Rp 200 triliun.

Menjadi bagian dari perusahaan milik Mark Zuckerberg membuat Whatsapp terus mengembangkan fitur-fitur dalam aplikasi agar pengguna tetap nyaman dalam mengirim pesan. Meskipun begitu keamanan Whatsapp masih diragukan, sebab adanya kebocoran data pengguna.

Kelebihan Whatsapp

Memiliki Fitur Whatsapp Story

Fitur yang satu ini menjadi andalan bagi pengguna yang suka membagikan momen berupa foto ataupun video. Berbeda dengan IG Story, WA Story hanya dapat dilihat atau dikomentari oleh pengguna yang kontaknya tersimpan.

Mungkin kelebihan ini yang membuat Whatsapp lebih populer, terutama bagi orang-orang yang menginginkan aplikasi chatting simple, namun memiliki layanan dan fitur yang diinginkan generasi milenial seperti WA Story.

Bisa Melakukan Panggilan Video

Kelebihan Whatsapp yang tak dimiliki Telegram adalah layanan panggilan video yang bisa dioperasikan dengan mudah dan gratis. Bahkan saat ini layanan video call bisa dilakukan sampai 8 orang. Sangat berguna untuk Anda yang ingin mengadakan meeting secara daring.

Jumlah Pengguna Lebih Banyak

Kelebihan Whatsapp dibanding Telegram berikutnya adalah memiliki jumlah pengguna lebih banyak. Hal ini tentu menjadi acuan bagi masyarakat untuk memilih aplikasi chatting yang digunakan oleh banyak orang.

Setiap tahun pertumbuhan pengguna Whatsapp semakin meningkat, apalagi setelah akuisisi Facebook membuat Whatsapp memiliki banyak dana untuk meningkatkan layanan terutama dari segi privasi dan keamanan.

Kekurangan Whatsapp

Sistem Keamanan yang Rentan

Kekurangan Whatsapp yang paling menonjol adalah dari segi keamanan. Hal ini bukanlah rumor semata, pihak Facebook sendiri mengakui kalau masih banyak celah dalam aplikasi yang memungkinkan data pengguna disalahgunakan

Beberapa waktu lalu ditemukan cara yang digunakan oleh orang jahat untuk mengambil alih akun Whatsapp seseorang hanya dengan mengirimkan file video. Hal ini tentu saja menjadi catatan penting bagi Whatsapp kalau tidak ingin kehilangan pengguna.

Data Aplikasi Memenuhi Penyimpanan

Ada banyak pengguna yang mengeluhkan media penyimpanan hp mereka penuh karena data Whatsapp terus bertambah. Apalagi pengguna yang mengandalkan WA untuk bisnis, setiap hari pasti harus menghapus file-file sampah.

Boros Kuota dan Kualitas Video Jelek

Setelah melakukan pembaruan, pengguna Whatsapp menyampaikan keluhan kalau kuota internet mereka cepat habis. Padahal mereka hanya melakukan panggilan video yang biasanya hanya memakan kuota 60 MB, sekarang malah lebih dari 500 MB.

Selain itu jika kita mengunggah foto atau video di WA Story atau mengirim ke teman, kualitasnya jadi berkurang bahkan terlihat buram.

Kesimpulan

Dapat disimpulkan bahwa perbandingan Telegram dan Whatsapp di atas sudah cukup untuk memberikan masukan bagi Anda memilih satu di antara dua aplikasi tersebut. Kalau ditanya bagus mana Telegram atau Whatsapp? Tentu saja admin pilih Telegram.

Tapi ada baiknya pendapat ini tidak dijadikan referensi karena setiap orang memiliki pandangan yang berbeda. Meskipun Telegram lebih bagus, tapi memilih Whatsapp juga tidak salah kok karena bisa melakukan panggilan video. Jadi, sesuaikan saja dengan kebutuhan Anda.

Telegram atau Whatsapp

Artikel Lainnya :
1. Perbandingan Xiaomi Mi 8 Vs Redmi Note 8, Bagus Mana?
2. Samsung Vs IPhone Mana Lebih Bagus? 
3. Perbandingan Oppo Vs Xiaomi Lebih Bagus Mana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *