Bagus Mana Samsung Galaxy Fold vs iPhone 11 Pro Max?

Smartphone

Samsung Galaxy Fold vs iPhone 11 Pro Max

Samsung dan Apple merupakan dua perusahaan yang memproduksi berbagai macam perangkat elektronik, salah satunya smartphone. Kedunya bersaing menghadirkan produk ponsel pintar yang canggih dengan tampilan mewah.

Tahun lalu Samsung dan Apple sama-sama merilis smartphone yang menjadi andalan mereka untuk memikat hati konsumen. Samsung dengan Galaxy Fold dan Apple dengan iPhone 11 Pro Max.

Kalau membandingkan keduanya dari segi popularitas, iPhone 11 Pro Max jelas unggul. Namun kalau dilihat secara menyeluruh, sebenarnya bagus mana Samsung Galaxy Fold vs iPhone 11 Pro Max? Yuk kita bahas!

Perbandingan Samsung Galaxy Fold vs iPhone 11 Pro Max

Sebenarnya kalau dari harga, kita bisa melihat perbedaan yang cukup jauh dari keduanya. Meskipun Samsung Galaxy Fold jauh lebih mahal, namun entah kenapa sebagian orang lebih ‘memuja’ iPhone 11 Pro Max. Padahal kalau mengacu pada hukum dagang, harga menentukan kualitas.

Apakah benar demikian? Supaya terjawab pertanyaan bagus mana Samsung Galaxy Fold vs iPhone 11 Pro Max, sebaiknya kedua ponsel pintar ini kita bedah satu per satu perbedaannya mulai dari kinerja mesin hingga kamera.

Dapur Pacu dan Media Penyimpanan

Spesifikasi Samsung Galaxy Fold dan iPhone 11 Pro Max pada dapur pacu sudah pasti berbeda. Galaxy Fold mengandalkan Qualcomm SM8150 Snapdragon 855 (7 nm) dengan OS Android 9.0 Pie. Sedangkan iPhone 11 Pro Max dibekali chipset Apple A13 Bionic (7 nm+) dan OS iOS.

spesifikasi samsung galaxy fold

Pada sektor media penyimpanan, Samsung Galaxy Fold dibekali RAM 12GB dengan memori internal 512GB. Sementara iPhone 11 Pro Max dibekali RAM 4GB dengan memori internal beragam, 64GB, 256GB, dan 512GB.

Kamera

Beralih ke sektor kamera, keduanya sama-sama dibekali tiga kamera belakang. Namun kamera depan iPhone 11 Pro Max hanya satu buah beresolusi 12MP, sedangkan Galaxy Fold berjumlah dua dengan resolusi 10MP dan 8MP.

Resolusi 16MP, 12 MP, dan 12MP tersemat pada kamera belakang Samsung Galaxy Fold. Sedangkan rear camera iPhone Pro Max hanya beresolusi 12MP, 12MP, dan 12MP.

Baterai

Perbedaan Samsung Galaxy Fold dan iPhone 11 Pro Max selanjutnya ada pada sektor baterai. Baterai Li-Po 4380 mAh tertanam di Samsung Galaxy Fold, sedangkan pesaingnya mengandalkan Li-Ion 3969 mAh non-removable dengan fitur pengisian cepat 18W.

Setelah melihat perbandingan singkat antara dua smartphone beda pabrik ini, sekarang mari kita lihat keunggulan dan kekurangan keduanya agar kesimpulan bagus mana Samsung Galaxy Fold dan iPhone 11 Pro Max bisa lebih valid.

Keunggulan Samsung Galaxy Fold

Desain yang Unik

Dengan desain yang unik, ini menjadi keunggulan tersendiri untuk Samsung Galaxy Fold. Sekaligus menjadi awal hadirnya teknologi terbaru pada pasar smartphone. Selain berfungsi sebagai ponsel pintar, Samsung Galaxy Fold juga dapat difungsikan sebagai tablet.

Performa yang Lebih Baik

Keunggulan Samsung Galaxy Fold ada pada performanya. Spesifikasi yang ditawarkan Samsung untuk produk andalannya ini dinilai lebih baik dari segala lini. Pertama, kinerja CPU yang 40% lebih cepat dibandingkan iPhone 11 Pro Max.

Yang kedua, kapasitas RAM yang jauh lebih besar. Samsung Galaxy Fold dibekali RAM 12GB, sementara pesaingnya hanya mengusung RAM 4GB saja.

spesifikasi iphone 11 pro max

Kapasitas Baterai Lebih Besar

Dengan kapasitas baterai 4380 mAh, Samsung Galaxy Fold unggul 10.36% dari baterai iPhone 11 Pro Max yang hanya 3969 mAh saja. Hal ini bisa kamu pertimbangkan jika ingin memiliki smartphone yang bisa digunakan dalam waktu yang lebih lama.

Kekurangan Samsung Galaxy Fold

Harganya Sangat Mahal

Sebenarnya harga itu relatif. Tapi kalau ditanya perbandingan harga, Samsung Galaxy Fold jauh lebih mahal dari iPhone 11 Pro Max. Meskipun harga yang ditawarkan sangat mahal, namun Samsung Galaxy Fold dibekali dengan spesifikasi yang lebih unggul.

Fitur Tidak Lengkap

Meskipun memiliki spesifikasi yang lebih baik, namun dari segi fitur Samsung Galaxy Fold dinilai kurang lengkap. Misalnya, tidak adanya sensor pemindai wajah atau face recognition. Selain itu teknologi pemindai retina atau iris scanner juga belum tersedia.

Layar Lipat Rawan Rusak

Meskipun memiliki desain layar yang unik, namun ini bisa menjadi masalah di kemudian hari. Karena jika posisi layar terlalu sering diubah, maka kerusakan bisa saja terjadi. Apalagi smartphone dengan layar lipat cukup riskan bagi orang yang beraktivitas padat.

Tapi sepertinya kekurangan Samsung Galaxy Fold ini masih abu-abu, karena mungkin target pasar Samsung Galaxy Fold adalah masyarakat kelas atas yang ingin memiliki smartphone anti-mainstream untuk digunakan saat rapat kantor maupun meeting dengan klien.

Keunggulan iPhone 11 Pro Max

| Baca Juga : Samsung Vs IPhone Mana Lebih Bagus?

Lebih Murah dan Populer

Apapun produk yang dikeluarkan Apple pasti selalu jadi trend. Yap, sejak iPhone 11 Pro Max dirilis ke pasaran, banyak orang yang berswafoto di cermin sambil memamerkan tiga buah kamera yang dinilai cukup keren dan beda dari kamera ponsel lain.

keunggulan samsung galaxy fold

Keunggulan iPhone 11 Pro Max lainnya ada pada harganya yang jauh lebih murah dibandingkan Samsung Galaxy Fold.

Fitur Lengkap

Meskipun belum dilengkapi dengan fingerprint scanner, namun Apple membekali iPhone 11 Pro Max dengan iris scanner yang diklaim lebih baik untuk menjaga keamanan ponsel. Selain itu fitur penunjang lainnya juga lebih lengkap dibanding kompetitornya.

Ditambah dengan teknologi water resistant yang membuat iPhone 11 Pro Max mampu bertahan selama 30 menit di air pada kedalaman 4 meter.

Kekurangan iPhone 11 Pro Max

Performa Kurang Nendang

Dibandingkan smartphone yang dikeluarkan oleh merk lain, rata-rata spesifikasi yang ditawarkan Apple untuk produknya dinilai biasa-biasa saja. Jadi, untuk kamu yang mencari smartphone dengan performa dewa, iPhone 11 Pro Max tidak direkomendasikan.

Belum Mendukung Jaringan 5G

Berbeda dari pesaingnya, Apple belum membekali produknya dengan jaringan 5G. Namun kekurangan iPhone 11 Pro Max yang satu ini mungkin tak terlalu berpengaruh, karena ya namanya produk Apple pasti selalu diminati.

Kesimpulan

Setelah melihat apa saja yang membuat kedua smartphone ini berbeda, mungkin kamu sudah dapat menyimpulkan di antara Samsung Galaxy Fold vs iPhone 11 Pro Max mana yang lebih bagus. Kalau sekedar untuk gaya-gayaan, admin lebih pilih iPhone 11 Pro Max. Kalau kamu?

Tapi pendapat ini sifatnya personal, kamu boleh setuju atau tidak. Karena pada dasarnya, pertimbangan utama dalam memilih barang adalah menyesuaikan kebutuhan.

Lagi pula, secara keseluruhan spesifikasi yang dimiliki Samsung Galaxy Fold lebih baik dibandingkan iPhone 11 Pro Max. Dan dengan tampilan layar yang terlihat beda. Ini bisa jadi pengalaman baru dalam menggunakan smartphone.

keunggulan iphone 11 pro max

Artikel Lainnya :
1. Perbandingan Merk Samsung Vs OPPO, Lebih Bagus Yang Mana?
2. Duel Smartphone Xiaomi Vs Realme, Mana Lebih Bagus?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *