Bagus Mana Royco vs Masako? Ini Perbedaannya

Royco vs Masako – Penyedap rasa termasuk salah satu bumbu wajib yang harus tersedia di dapur. Meskipun ada kandungan MSG atau micin, namun hampir semua masyarakat menggunakannya untuk membuat masakan jadi lebih gurih dan nikmat.

Saat ini banyak penyedap rasa beredar, Royco dan Masako adalah merk paling populer di Indonesia. Selain murah, keduanya juga punya kualitas sangat baik, bahkan diklaim dibuat menggunakan bahan-bahan pilihan.

Untuk menentukan pemenang Royco vs Masako, tentunya kita harus membedah masing-masing mulai dari perbedaan, kelebihan, dan kekuarangan. Baru setelah itu dapat disimpulkan mana yang lebih enak dan berkualitas.

Bagus Mana Royco vs Masako?

Sama halnya dengan Royco, Masako juga merupakan merk penyedap rasa yang dimiliki oleh perusahaan asing. Tapi, produk keduanya dibuat di dalam negeri karena sudah punya pabrik yang berlokasi di Karawang dan Cikarang.

Royco vs Masako

Seperti tampilan iklan di layar TV, Masako dan Royco terbuat dari campuran bahan alami dan perasa buatan. Sehingga penggunaan yang berlebihan sangat tidak dianjurkan karena akan membahayakan kesehatan.

Royco (Unilever)

Royco adalah merk yang digunakan PT Unilever Indonesia untuk produk bumbu masakan. Mulai diperkenalkan tahun 1838, sampai sekarang Royco telah menghadirkan banyak varian. Beberapa di antaranya kaldu bubuk, bumbu racik, hingga sup krim.

Kelebihan Royco

  1. Banyak Varian Produk

Kalau dibandingkan antara Royco vs Masako dari segi varian produk, untuk saat ini jelas Royco juaranya. Unilever memproduksi beragam penyedap masakan seperti kaldu bubuk (ayam, sapi, jamur), bumbu nasi goreng, sayur asem, hingga krim sup.

Hal ini membuat Royco sangat digemari, karena masyarakat bisa memasak aneka makanan dengan mudah dan simpel tanpa perlu bumbu tambahan bumbu lain.

kelebihan royco

  1. Rasa Lebih Enak

Kelebihan Royco selanjutnya adalah bisa membuat rasa masakan jadi lebik enak dan lezat. Selain itu, dengan kandungan bahan-bahan yang sudah teruji BPOM, produk kaldu ayam dan sapi sangat pas kalau Anda tidak terlalu suka asin.

  1. Cocok untuk Berbagai Menu Masakan

Royco termasuk bumbu yang cocok diterapkan untuk segala jenis masakan. Seperti tumis, gorengan, hingga makanan berkuah. Bahkan, Royco sering digunakan sebagai bumbu tabur keripik singkong maupun kentang goreng.

Kekurangan Royco

  1. Lebih Banyak Kandungan Zat Kimia

Meskipun rasanya lebih enak, namun ternyata Royco mengandung banyak bahan kimia dibanding kompetitor. Jika melihat komposisi di belakang bungkusnya, Anda akan menemukan nama perisa dinatrium suksinat, pewarna tartrazin, antikempal silikon dioksida.

Ketiga bahan tersebut tidak dijumpai di Masako. Sehingga sangat wajar kalau Royco memiliki rasa lebih kuat dan aroma yang cukup menyengat.

Royco vs Masako

  1. Harga Lebih Mahal

Dari segi harga, perbandingan Royco dan Masako memang tidak terlalu menonjol. Keduanya sama-sama menghadirkan kemasan ekonomis dengan harga Rp500 per bungkus. Tapi kalau diperhatikan, berat Royco hanya 8 gram, sementara Masako 11 gram.

Daftar Varian Produk Royco

  1. Royco Ayam Bumbu Rujak
  2. Royco Nasi Goreng
  3. Royco Sup Krim
  4. Royco Kaldu Ayam
  5. Royco Kaldu Sapi

Masako (Ajinomoto)

Masako adalah merk bumbu masakan di bawah naungan PT Ajinomoto Indonesia. Meskipun sempat diguncang isu kandungan minyak babi pada produk kaldu bubuk, tapi nyatanya sampai sekarang Masako masih tetap bertahan dan menjadi market leader.

Jadi, kalau ada pesan berantai yang mengatakan Masako positif mengandung babi, dapat dipastikan itu hoax atau tidak benar.

Kelebihan Masako

  1. Isi Lebih Banyak

Seperti penjelasan sebelumnya, isi kaldu bubuk Masako yang harga Rp500 lebih banyak 3 gram dibanding Royco. Meskipun tidak tidak terlalu banyak, namun ini bisa jadi pertimbangan bagi ibu rumah tangga dalam memilih penyedap rasa.

kelebihan masako

  1. Bahan Alami dan Daging Asli

Berbeda dari Royco yang mengandung banyak bahan sintetis, Masako menghadirkan kaldu bubuk dengan bahan pilihan dan ekstrak daging asli. Di samping itu, BPOM dan MUI juga sudah memberi label untuk semua penyedap rasa produksi PT Ajinomoto ini.

Meskipun masih terdapat kandungan MSG dan trinatrium sitrat, namun Masako lebih kaya rempah seperti bawang merah, protein kedelai, hingga bawang putih.

  1. Harga Lebih Murah

Selain isi yang banyak, ternyata harga Masako paling murah dibanding Royco. Tapi ini tergantung perspektif masing-masing orang. Mungkin kelebihan Masako ini tidak berlaku bagi Anda yang menganut prinsip lebih mengutamakan rasa dan kualitas.

Kekurangan Masako

  1. Varian Produk Terbatas

Dari beberapa paragraf di atas, sudah dapat kesimpulan bagus mana Masako atau Rocyo? Kalau belum, mungkin kekurangan Masako yang satu ini bisa membantu. Yaps, pihak Ajinomoto hanya membuat satu produk, yakni kaldu ayam dan sapi saja.

Royco vs Masako

| Baca Juga : Enak Mana Indomie vs Mie Sedaap? Ini Perbandingannya

  1. Rasa Lebih Kuat

Kalau tidak suka penyedap masakan yang rasanya sangat kuat, mungkin Masako tidak cocok untuk Anda. Berdasarkan komposisi dan review, terdapat kandungan garam pada kaldu bubuk Masako. Sehingga, rasa masakan jadi lebih asin.

Tapi, pendapat ini mungkin akan berbeda jika Anda bertanya ke penjual nasi goreng di pinggir jalan. Sebab, rata-rata mereka menggunakan Masako.

Daftar Varian Produk Masako

  1. Masako Kaldu Ayam
  2. Masako Kaldu Sapi

Kesimpulan

Sudah paham, kan? Kalau ada pertanyaan lebih bahaya Royco atau Masako, jawabannya tidak ada merk penyedap rasa yang aman. Karena pada dasarnya, kedua merk ini sama-sama mengandung MSG yang bila dikonsumsi berlebihan akan membahayakan kesehatan.

Royco vs Masako

Setelah mengetahui poin-poin penting pada ulasan di atas, menurut Anda bagus mana Royco vs Masako? Admin sendiri sudah lama menggunakan Royco, baik yang rasa sapi maupun ayam, dan tidak ada rencana berpaling ke merk lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*